Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan interaksi dua makhluk hidup yang saling menguntungkan untuk kedua makhluk hidup tersebut. Ini mengartikan jika dalam simbiosis ini, kedua makhluk hidup akan saling memberikan keuntungan antara yang satu dengan yang lainnya tanpa ada yang dirugikan. Untuk mengetahui apa saja contoh simbiosis mutualisme yang terjadi pada serangga, tumbuhan, bakteri, jamur dan juga manusia, berikut akan kami berikan ulasannya lengkap dengan pengertiannya.

 

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Berbeda dengan simbiosis parasitisme yang salah satunya akan merugikan yang lain dan juga simbiosis komensalisme yang hanya memberikan keuntungan pada salah satu namun tidak merugikan yang lainnya, simbiosis mutualisme akan saling memberikan keuntungan pada keduanya.

Pertama adalah interaksi service resource meliputi penyerbukan, pembersihan serta penyebaran benih. Sedangkan yang kedua adalah interaksi service service yakni kedua interaksi yang saling memberikan kontribusi meski memang sangat jarang ditemukan.

Selain itu, ada juga simbiosis mutualisme yang bersifat wajib yakni organisme saling butuh antara yang satu dengan yang lain agar bisa bertahan hidup.

 

Contoh Simbiosis Mutualisme

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh simbiosis mutualisme yang terjadi baik pada ekosistem darat maupun laut lengkap dengan proses interaksi dan penjelasannya.

 

  • Bunga dan Kupu Kupu

Simbiosis mutualisme pertama terjadi pada bunga dan juga kupu kupu. Kupu kupu akan menghisap madu dan juga nektar yang ada di kelopak bunga sebagai bahan makanan dan proses tersebut membantu dalam proses penyerbukan bunga.

Kupu kupu nantinya akan mendapatkan makanan berupa nektar dan juga madu, sedangkan bunga juga memperoleh keuntungan sebab proses penyerbukan akan dibantu oleh kupu kupu.

 

  • Bunga dan Lebah

Sama seperti kupu kupu dan bunga, hubungan antara bunga dan lebah juga merupakan contoh dari simbiosis mutualisme. Lebah akan menghisap madu dan juga nektar dari kelopak bunga untuk makanan, sedangkan bunga juga mendapatkan keuntungan sebab proses penyerbukan akan terbantu oleh lebah.

 

  • Lalat dan Bunga Raflesia

Contoh simbiosis mutualisme antara hewan dan tumbuhan lainnya adalah antara lalat dan juga bunga raflesia. Bunga yang memiliki bau tidak sedap ini akan dimanfaatkan lalat untuk mencari makanan. Sedangkan bunga raflesia juga memperoleh keuntungan karena proses penyerbukan akan dibantu dengan lalat.

 

  • Zebra dan Wildebeest

Kedua hewan yang banyak hidup di savana Afrika ini juga memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Keduanya biasa bermigrasi bersama sama dan juga melakukan pembagian makanan sebab zebra akan makan rumput panjang dan wildebeest akan makan rumput pendek.

Sedangkan dalam hal pemangsa, keduanya juga bisa saling menguntungkan antara yang satu dengan yang lain. Wildebeest mempunyai insting yang peka, sedangkan zebra memiliki penglihatan yang tajam sehingga akan saling memperingatkan antara satu dengan yang lain ketika ada pemangsa mendekat.

 

  • Burung Jalak dan Kerbau

Meski keduanya berbeda jauh dalam segi ukuran, namun ternyata juga bisa saling memberikan keuntungan antara yang satu dengan yang lain. Burung jalak akan hinggap di punggung kerbau untuk mencari kutu pada kulit kerbau. Sedangkan kerbau juga akan terbantu karena kutu kutu pada tubuhnya akan hilang dengan bantuan burung jalak tersebut.

 

  • Burung Bangau dan Kuda Nil

Contoh simbiosis mutualisme selanjutnya adalah antara burung bangau dan juga kuda nil. Burung bangau akan memakan kutu serta parasit yang hinggap di punggung kuda nil, sedangkan kuda nil juga akan mendapat keuntungan sebab tubuh kuda nil akan bersih dan bebas dari kutu.

 

  • Buaya dan Burung Plover

Simbiosis mutualisme juga terjadi antara buaya dan juga burung plover. Burung plover terbiasa makan kotoran serta sisa makanan yang ada di mulut serta gigi buaya. Sementara buaya akan terbantu sebab mulut dan giginya akan selalu bersih karena dibersihkan burung plover.

 

  • Kelelawar Berbulu Wol dan Kantong Semar

Hubungan dari kelelawar berbulu wol dengan tanaman kantong semar juga menjadi contoh simbiosis mutualisme berikutnya. Jenis kelelawar ini umumnya akan tinggal pada tempat yang nyaman yakni di sekitar tanaman kantong semar tersebut.

Sementara untuk tanaman kantong semar juga akan memperoleh keuntungan sebab akan mendapatkan pupuk dari kotoran kelelawar tersebut yang tinggi akan kandungan nitrogen.

 

Pelajari Juga Ilmu Biologi Lainnya Tentang Simbiosis Parasitisme

 

  • Kepiting Laba Laba dan Alga

Kepiting laba laba atau biasa disebut dengan spider crab ini merupakan spesies kepiting yang berasal dari Jepang dan tinggal di dalam laut dengan ciri khas kakinya yang panjang. Kepiting ini akan tinggal di area yang banyak ditumbuhi dengan tumbuhan laut hijau. Bahkan biasanya, tanaman alga juga akan tinggal pada punggung kepiting tersebut.

Keuntungan yang akan diperoleh tanaman alga adalah memperoleh tempat tinggal, sedangkan kepiting laba laba juga akan merasakan keuntungan karena bisa melakukan kamuflase dengan lingkungan sekitar dan akhirnya tidak terdeteksi pemangsa.

Itulah tadi ulasan dari kami tentang pengertian simbiosis mutualisme lengkap dengan beberapa conto makhluk hidup yang mengalaminya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar interaksi yang terjadi diantara dua makhluk hidup dimana keduanya akan sama sama diuntungkan untuk bisa bertahan hidup.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma