Simbiosis Komensalisme

Dalam sebuah area lingkup ekosistem, tentunya ada banyak komponen biotik dan abiotik yang akan saling berpengaruh antara satu dengan yang lain. Adanya interaksi antar komponen biotik dan abiotik dalam sebuah lingkungan yang tentu akan menyebabkan simbiosis. Untuk ulasan kali ini, akan kami jelaskan tentang simbiosis komensalisme dari mulai pengertian hingga beberapa contohnya.

 

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme merupakan interaksi atau simbiosis yang terjadi pada dua makhluk hidup atau organisme dengan jenis berbeda. Dari segi bahasa, simbiosis merupakan bahasa Yunani yakni Sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan.

Sementara dari istilah, simbiosis memiliki arti interaksi antara makhluk hidup yang berbeda jenis dalam satu area dan waktu tertentu yang saling berkaitan erat.

Sedangkan komensalisme merupakan setingkat dengan hubungan antara dua organisme yang melibatkan satu organisme yang bisa memberikan manfaat tanpa merusak organisme yang lain.

Untuk itu, simbiosis komensalisme bisa diartikan sebagai sebuah hubungan antara dua makhluk hidup yang bisa memberikan keuntungan untuk salah satu pihak, sedangkan pihak lainnya juga tidak dirugikan.

Simbiosis sendiri terdiri dari beberapa jenis yakni simbiosis mutualisme, komensalisme dan juga parasitisme. Dalam simbiosis ini, salah satu pihak akan diuntungkan sementara pihak lainnya tidak akan dirugikan.

 

Contoh Simbiosis Komensalisme

Sesudah anda mengetahui pengertian dari simbiosis komensalisme, berikut ini akan kami berikan beberapa contoh simbiosis komensalisme pada makhluk hidup baik hewan dan juga tumbuhan.

 

  • Ikan Remora dan Ikan Hiu atau Pari

Contoh dari simbiosis komensalisme yang pertama adalah antara ikan remora dengan ikan hiu atau pari. Ikan remora yang berukuran kecil umumnya akan berenang berdekatan dengan ikan hiu atau pari untuk memperoleh sisa maanan dan perlindungan dari pemangsa.

Sedangkan pada ikan pari, ikan remora akan menempel dengan memanfaatkan sirip punggung yang berubah menjadi penghisap jika ikan pari yang dilakukan ketika ikan pari mendapatkan makanan sehingga ikan remora juga akan mendapatkan sisa makanan yang menempel.

 

  • Ikan Badut Dengan Anemon Laut

Ikan badut dan anemon laut juga mengalami simbiosis komensalisme. Ikan badut umumnya akan berada di tentakel anemon laut untuk melindungi diri dari ancaman predator.

Anemon sendiri adalah jenis tumbuhan laut yang mengeluarkan zat racun sehingga bisa melukai ikan lainnya namun tidak pada ikan badut karena bagian kulitnya mengeluarkan cairan berbentuk lendir.

Ikan badut nantinya akan terlindungi dari hewan laut lain yang akan memangsanya. Sementara anemon tidak akan dirugikan atau diuntungkan dengan adanya ikan badut tersebut.

 

  • Bakteri Pembusuk dan Usus Manusia

Bakteri pembusuk yang ada di usus manusia juga merupakan contoh dari simbiosis komensalisme. Bakteri pembusuk di usus besar manusia berguna untuk menyerap zat yang sudah tidak dapat dicerna organ pencernaan manusia.

Bakteri ini akan memperoleh keuntungan berbentuk asupan makanan, namun untuk usus manusia yang ditumpangi tidak akan mendapatkan keuntungan atau kerugian sehingga tidak akan berpengaruh.

 

  • Paku Tanduk Rusa dan Pohon

Tumbuhan paku tanduk rusa adalah tanaman unik khususnya dari bentuk daunnya sehingga sering dijadikan tanaman hias. Tanaman paku tanduk rusa ini memiliki karakter yang sama seperti anggrek yakni akan melekat pada sebuah pohon dengan tujuan agar bisa memperoleh sinar matahari yang lebih baik serta beberapa bahan lainnya untuk proses fotosintesis.

Meski tanaman paku tanduk rusa ini melekat pada sebuah pohon, namun pohon yang ditumpangi tersebut juga tidak akan dirugikan sebab tidak mengambil cadangan makanan dari pohon tersebut.

 

  • Udang dan Timun Laut

Interaksi simbiosis komensalisme selanjutnya adalah antara udang dengan timun laut. Udang akan hidup berdekatan dengan timun laut agar bisa memperoleh makanan dari sisa makanan di sekitar timun laut.

Udang nantinya akan mendapatkan keuntungan dari sisa makanan timun laut, namun timun laut tidak akan dirugikan atau diuntungkan dari udang tersebut.

 

  • Tumbuhan Sirih dan Pohon

Tumbuhan sirih yang dalam bahasa Latin disebut dengan Piper Betle ini juga menjadi salah satu contoh dari simbiosis komensalisme sebab akan tumbuh merambat pada pohon atau tanaman lain.

Tumbuhan sirih akan menempel dengan tanaman lain supaya bisa mendapatkan sinar matahari dalam jumlah cukup supaya bisa melakukan proses fotosintesis. Meski tanaman sirih bisa mendapatkan keuntungan, namun tidak untuk tanaman yang ditumpanginya akan tetapi juga tidak dirugikan.

 

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang pengertian simbiosis komensalisme lengkap dengan beberapa contohnya baik pada hewan, tumbuhan dan bahkan manusia. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma