Rumus Luas Segitiga dan Kelilingnya

Rumus Luas Segitiga dan Keliling

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang rumus luas segitiga dan kelilingnya. Namun sebelum kita membahas tentang rumus luas segitiga dan kelilingnya, terlebih dahulu kita harus mengenal tentang bangun datar segitiga itu sendiri.

Segitiga merupakan suatu bangun datar yang dibatasi oleh tiga buah ruas garis.

Segitiga memiliki tiga garis yang berpotongan lurus dan memiliki tiga titik sudut. Segitiga memiliki beberapa jenis dan hal tersebut akan kita bahas dalam uraian informasi di bawah ini!

Jenis – Jenis Segitiga

Rumus Luas Segitiga - Jenis – Jenis Segitiga

Jenis – jenis segitiga dibedakan atas dua kaidah pembagian. Jika didasarkan atas panjang sisi yang ada pada suatu segitiga, maka jenis segitiga dibagi ke dalam 3 bagian  yaitu :

Segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi merupakan segitiga dengan panjang pada setiap sisinya adalah sama. Masing – masing sudut yang ada pada segitiga sudut tersebut adalah sama besar yaitu 60 derajad.

Segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki merupakan suatu segitiga yang memiliki dua sisi sama panjang. Sementara satu sisi yang lain berbeda. Karena itu, dua buah sudut yang ada memiliki besar yang sama.

Segitiga sembarang

Segitiga sembarang merupakan segitiga yang sama panjang dimana masing – masing sisinya adalah berbeda. Masing – masing sudut pada segitiga sembarang juga memiliki besaran yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Akan tetapi jika dibedakan berdasarkan besar sudut yang terdapat pada suatu bangun datar segitiga, maka segitiga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berikut ini :

Segitiga siku – siku

Segitiga siku – siku merupakan bangun datar segitiga dimana salah satu sudutnya memiliki besar 90 derajad. Sisi yang berada tepat di depan sudut siku – siku tersebut disebut sebagai hipotenusa.

Segitiga lancip

Segitiga lancip merupakan suatu bangun datar segitiga yang besar dari ketiga sudutnya kurang dari 90 derajad.

Segitiga tumpul

Segitiga tumpul merupakan suatu bangun datar segitiga dimana salah satu sudutnya memiliki besar sudut lebih dari 90 derajad.

Rumus Luas Segitiga

Rumus Luas Segitiga

Secara umum luasan segitiga dapat ditentukan dengan Anda mengalikan alas dan tinggi. Lantas seperti apa kriteria alas dan tinggi suatu bangun datar segitiga?

Alas segitiga merupakan bidang yang menghubungkan dua titik dan saling tegak lurus dengan tinggi  segitiga. Sementara yang dimaksud tinggi pada bangun datar segitiga adalah suatu garis yang tegak lurus dengan alas dan menyinggung sebuah titik sudut.

Luasan segitiga secara umum dapat ditentukan dengan rumus matematis berikut ini :

Luas segitiga = ½ x alas x tinggi

Didalam pengaplikasian soalnya sendiri, penggunaan rumus segitiga akan sangat beragam. Terkadang ada yang dikombinasikan dengan rumus trigonometri, rumus phytagoras, sudut, lingkaran dan yang lainnya. Intinya sesuaikan saja pengaplikasiannya dengan kebutuhan penghitungan Anda.

Contoh Soal Luas Segitiga

Hitung luas dari sebuah segitiga yang memiliki panjang alas 6 cm dengan tinggi sebesar 8 cm!

Jawab :

Luas = ½ x alas x tinggi

Luas = ½ x 6 cm x 8 cm

Luas = 3 cm x 8 cm

Luas = 24 cm2

Jadi diketahui bahwa luas sebuah bangun datar segitiga dengan alas 6 cm dan tinggi 8 cm adalah sebesar 24 cm2.

Pahami dengan cepat Rumus Luas Lingkaran Cukup 2 menit

Rumus Keliling Segitiga

Rumus Keliling Segitiga

Rumus keliling segitiga siku – siku

Untuk menghitung keliling segitiga dimana panjang sisi miring bisa diketahui jika alas dan tingginya diketahui dengan penggunaan rumus phytagoras, Anda bisa simak gambar di bawah ini!

Rumus keliling segitiga siku – siku

Keliling segitiga siku – siku adalah dengan rumus = a + b + c

Dengan ketentuan bahwa :

a = alas

b = tinggi

c = sisi miring atau hipotenusa

Panjang sisi c bisa diketahui jika panjang a dan b diketahui. Untuk mencari sisi c, maka rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :

C2 = a2 + b2 maka c = akar dari a + b

Sebagai contoh :

a = 8 cm

b = 6 cm

maka, berapakah c?

c2 = 82 + 62

c2 = 64 + 36

c2 = 100

c = akar dari 100

c = 10

Rumus keliling segitiga sama sisi

Untuk menghitung keliling segitiga sama sisi, walau salah satu sisinya tidak diketahui, kita tetap bisa menghitungnya. Hal tersebut karena salah satu sisinya memiliki panjang yang sama dengan sisi yang lain.

Rumus keliling segitiga sama sisi

Keliling = a + b + c

Karena a, b dan c sama panjang. Maka rumus bisa diubah sebagai berikut :

Keliling = 3 x a atau 3 x b atau 3 x c atau 3 x sisi

Contoh :

Hitung keliling segitiga sama sisi yang panjang salah satu sisinya adalah 7 cm!

Keliling = 3 x sisi

Keliling = 3 x 7 cm

Keliling = 21 cm

Rumus keliling segitiga sama kaki

Cara mencari keliling segitiga sama kaki yaitu dengan Anda jumlahkan alas dengan kedua sisi miring yang notabennya sisi miring tersebut memiliki panjang yang sama. Anda bisa simak gambar berikut ini!

Rumus keliling segitiga sama kaki

Keliling = 2 x (a + b)

Jika panjang sisi miringnya tidak diketahui sementara tingginya diketahui, maka Anda bisa hitung sisi miringnya dengan menggunakan rumus phytagoras yang sebelumnya sudah kita bahas bersama.

Contoh Soal Keliling Segitiga

Ada suatu bangun datar segitiga sembarang dengan 3 sisi. Sisi a = 33 cm, sisi b = 26 cm dan sisi c = 21 cm. Hitunglah berapa keliling segitiga tersebut!

Diketahui :

Sisi a = 33 cm

Sisi b = 26 cm

Sisi c = 21 cm

Jawab :

Keliling = sisi a + sisi b + sisi c

Keliling = 33 cm + 26 cm + 21 cm

Keliling = 80 cm

Jadi, keliling bangun datar segitiga sembarang tersebut adalah 80 cm.

Itulah rumus luas segitiga dan kelilingnya yang bisa Anda pelajari beserta contoh soalnya. Semoga pembahasan diatas menjadi pembahasan bermanfaat yang semakin dapat menambah cakrawala dan wawasan kita dalam dunia matematika khususnya tentang penghitungan luas dan keliling bangun datar segitiga.

You May Also Like

About the Author: admin