Rumus Excel

Rumus Excel Lengkap 2019

Untuk Anda nih yang sedang mencari informasi mengenai rumus Excel lengkap, melalui artikel ini akan kami bagikan informasinya kepada Anda.

Tetapi demikian, penting sekali untuk Anda tahu bahwa pada dasarnya Rumus Excel dan fungsinya ini memiliki peranan cukup penting sekali, khususnya di dunia kerja.

Penting untuk Anda tahu terlebih dulu bahwa, di dunia kerja sebenarnya ada beberapa skill maupun kemampuan yang sering sekali digunakan seperti halnya menggunakan software Miscrosoft Office.

Kemudian untuk menambah salah satu skill penggunaan software tersebut, apalagi yang masih freshgraduate soft skill ini nanti akan sangat bermanfaat sekali. Dan berikut ini adalah rumus di ms Excel, lengkap dengan cara membuat rumus di Excel 2003, 2007, 2010, 2013, 2016 maupun 2018 :

Pengertian Excel

Excel merupakan software speadsheet yang bisa dibilang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia.

Software tersebut digunakan dihampir semua bidang pekerjaan, mulai dari akuntansi dan keuangan, statistik dan penelitian, industri, dan masih ada banyak lagi.

Ya, meskipun sudah ada banyak sekali bermunculan software spreadsheet yang lainnya, akan tetapi pada kenyataannya Excel tetap tidak tersingkirkan dan bahkan sudah menjadi standar software spreadsheet terbaik.

Fungsi utama Excel ini adalah untuk kelola data – data. Tetapi, seiring dengan perkembangan jaman, software tersebut juga cukup mumpuni untuk kelola teks, membuat diagram dan grafik, otomatisasi pekerjaan menggunakan Macro, dan juga bahasa pemorgraman VBA.

Bagaimana Cara Menulis Rumus Excel

Cara pertama

Bagaimana Cara Menulis Rumus Excel - Cara pertama

  • Pertama – tama, letakkan Pointer di Cell H34
  • Untuk menulis rumus Excel awali dengan tanda “=” di Cell
  • Klik Cell pengalinya, yakni Cell F3
  • Ketikkan tanda “*” sebagai operator perkalian
  • Klik juga Cell G34
  • Dan terakhir tekan Enter

Cara kedua

Bagaimana Cara Menulis Rumus Excel - Cara kedua

  • Pertama – tama, letakkan Pointer di Cell H39
  • Pilihlah Insert Function
  • Di Windows Insert Function ini Anda bisa pilih salah satu fungsi yang nanti Anda pakai. Pada kasus tersebut pakai saja SUM. Dobel klik SUMBagaimana Cara Menulis Rumus Excel - Cara kedua terakhir
  • Lalu pada Function Arguments di kolom parameternya sendiri bisa diisi dengan data yang ingin Anda total, yakni Cell H34:H38 .
    Kemudian klik Ok.

34 Kumpulan List Rumus Excel Lengkap

Rumus Excel Jumlah

Misalnya saja jika ada harga 1 gelas ditambah harga 1 piring, maka jumlahnya adalah 6.000 + 10.000 = 16.000. Maka formula penjumlahannya =number1+number2. Sementara itu untuk rumus penjumlahan di Excel ini menjadi =C3+C4.

Rumus Excel Jumlah - satu

Rumus Excel Kurang

Rumus Excel Kurang

Jika harga dari 1 cangkirnya kurang dari harga 1 piring, maka hasilnya 16.000 – 10.000 = 6.000. Maka formula pengurangannya =number1-number2 sehingga rumus di Excelnya =C6-C5.

Rumus Excel Kali

Rumus Excel Kali

Jika harga 1 mangkuk 16.000, maka jika beli 3 buah mangkuk totalnya jadi 48.000. Sehingga formula perkaliannya =number1*number2. Jadi didapatkan rumus di Excelnya seperti ini =C5*D5.

Bagi

Rumus Excel Bagi

Jika harga 1 piring dikosongkan dan hanya diketahui jumlah belinya sebanyak 12. Kemudian didapatkan total yang harus dibayar sebesar 120.000. Maka berapa harga 1 mangkoknya? Jawab, untuk harga 1 piring adalah 120.000 : 12 = 10.000. Lalu formula pembagiannya =number1/number2. Jadi, rumus di Excel menjadi =E4/D4.

Presentase

Rumus Excel Presentase

Jika ada pertanyaan seperti di atas, kira – kira berapa persen total biaya untuk beli 12 buah piring jika dibandingkan dengan total keseluruhan belanjaan? Jawabannya, 43%. Formula dari presentasenya =number1/numberTOTAL. Sehingga didapatkan rumus di Excel =E4/E7. Dimana E7 ini merupakan total biaya secara keseluruhan.

SUM

Rumus Excel SUM

Misalnya saja pada contoh soal di atas, cara untuk menghitung TOTAL biaya belanjaan adalah dengan menggunakan rumus di Excel SUM. Maka formula SUM-nya, =SUM(number1:number2). Sehingga rumus RUM di Excel jadi =SUM(E3:E6).

Average

Rumus Excel Average

Jika ingin mencari nilai rata – rata, maka Anda juga bisa menggunakan formula Excel Average. Misalnya saja pada contoh di atas ini Anda nanti akan mendapati formula Average =AVERAGE(number1:number2). Sehingga didapatkan rumus di Excel menjadi =AVERAGE(L3:L6).

Max

Rumus Excel Max

Lalu untuk mencari nilai paling tinggi di deretan nilai, contohnya saja pada kasus seperti di atas. Kira – kira berapa harga paling tinggi dari daftar harga produk tersebut? Formula Max-nya sendiri adalah =MAX(number1:number2). Sehingga didapatkan rumus di Excel seperti ini, =MAX(L3:L6).

Min

Rumus Excel Min

Apabila ingin mencari nilai terendah dari suatu deretan nilai, contohnya saja pada kasus seperti ini. Maka berapakah harga paling rendah dari daftar harga produk tersebut? Formula Min-nya sendiri adalah =MIN(number1:number2). Jadi, didapatkan rumus Min di Excel seperti ini, =MIN(L3:L6).

Upper

Rumus Excel Upper

Lalu jika dalam satu list atau daftar berisikan nama dengan huruf kecil semua, atau pun hanya huruf depannya saja yang besar, akan tetapi Anda ingin merubahnya menjadi huruf besar semua, maka Anda tidak harus merubahnya satu per satu secara manual. Sebab, dengan formula ini, yakni =UPPER(text) atau dengan rumus di Excel seperti ini, =UPPER(B6), maka Anda bisa merubah semua kata dengan huruf besar semua.

Lower

Rumus Excel Lower

Kebalikan dari fungsi Excel di atas, untuk rumus satu ini nanti akan merubah semua huruf menjadi huruf kecil. Formula Lower sendiri adalah =LOWER(text). Jadi didapatkan rumus di Excelnya =LOWER(B6).

Proper

Rumus Excel Proper

Sementara itu jika dalam satu listnya berisi nama – nama dengan huruf besar pertama dalam sebuah kata, maka Anda juga bisa menggunakan formula Proper di Excel. Formula Proper di Excel adalah =PROPER(text). Dan untuk rumus Uppernya sendiri menjadi =UPPER(B6).

IF

Rumus Excel IF

Jika harga satuannya lebih dari 10.000, maka hasilnya akan MAHAL dan jika sama dengan atau ada dibawah 10.000, maka hasilnya MURAH. Maka formula dari IF sendiri adalah =IF(sesuatu yang benar jika logicnya benar dan jika logicnya salah). Lalu didapatkan rumus di Excel seperti ini =IF(C6>10000;MAHAL”;”MURAH”).

Concatenate

Rumus Excel Concatenate

Jika pada data berikut ini Anda ingin memunculkan tulisan “Harga Cangkir Satuannya 16000, yang mana kata Cangkir dan harga 16000 tersebut sesuai dengan yang ada di data, jadi Anda bisa pakai formula Concatenate”. Yakni, =CONCATENATE(tex1;tex2….). Jadi pada rumus di Excel sendiri didapatkan seperti ini =CONATENATE(“Harga”;K6”Satuannya”;L6).

LEFT

Rumus Excel LEFT

Fungsi dari rumus di Excel berikut ini adalah untuk mengambil beberapa karakter dalam sebuah kata atau pun deretan angka. Maka Anda bisa menggunakan formula LEFT =LEFT(cell yang mau diambil jumlah karakter yang nanti akan ditampilkan). Maka untuk rumus di Excelnya sendiri adalah =LEFT(B25;5).

RIGHT

Rumus Excel RIGHT

Fungsinya adalah untuk ambil beberapa karakter dalam sebuah kata maupun deretan angka. Anda bisa memanfaatkan formula RIGHT, yakni =ROGHT(cell yang mau diambil;jumlah karakter yang nanti akan ditampilkan). Lalu untuk rumus di Excelnya sendiri adalah =RIGHT(B33;9).

MID

Rumus Excel MID

Fungsi dari rumus Excel berikut ini adalah untuk mengambil beberapa karakter dalam sebuah kata maupun deretan kata, dengan urutan dari karakter mulai dari ukuran ke berapa serta berapa karakter yang nantinya akan diambil. Gunakan formula MID, yakni =MID(cell yang mau diambil;mulai dari karakter ke berapa;jumlah karakter yang akan ditampilkan). Kemudian untuk rumus di Excelnya sendiri menjadi =MID(B40;4;5).

TRIM

Rumus Excel TRIM

Anda bisa menggunakan rumus ini untuk hilangkan kelebihan spasi di sebuah text. Formula dari TRIM sendiri adalah =TRIM(text). Lalu untuk rumus di Excelnya yakni =TRIM(B54).

CLEAN

Rumus Excel CLEAN

Fungsinya adalah untuk hilangkan karakter yang tidak bisa dicetak atau non printable character. Formula dari CLEAN ini adalah =CELAN(text). Sementara itu untuk rumus CLEAN di Excelnya sendiri menjadi =CLEAN(B60).

REPT

Rumus Excel REPT

Memiliki fungsi untuk mengulang text hingga beberapa kali, contohnya saja dalam perhitungan suara Anda bisa pakai Turus (|) sebagai tanda perhitungan suara. Di sini Anda bisa menggunakan formula REPT, yakni =REPT(text;berapa banyaknya pengulangan). Lalu untuk rumus di Excel yakni =REPT(“|”;(C65/$C$68)*100).

DATE

Rumus Excel DATE

Fungsinya adalah untuk buat format tanggal dari data terpisah, dari bulan, tahun, dan tanggal. Di sini Anda bisa menggunakan formula DATE, yakni =DATE(year;mont;day). Lalu untuk rumus di Excelnya sendiri menjadi =DAY(K65;J65;165).

YEAR

Rumus Excel YEAR

Fungsi dari formula berikut ini adalah untuk mengambil angka tahun di format tanggal. Formula dari YEAR tersebut yakni =YEAR(serial_number). Sementara itu untuk rumus di Excelnya menjadi =YEAR(Q66).

MONTH

Rumus Excel MONTH

Fungsinya adalah untuk ambil angka bulan pda format tanggal. Formula dari MONTH ini sendiri adalah =MONTH(serial_number). Dan didapatkan rumus di Excel seperti ini, =MONTH(Q67).

DAY

Rumus Excel DAY

Memiliki fungsi untuk mengambil angkat tanggal pada format tanggal lengkap. Anda bisa menggunakan formula DAY seperti ini, yakni =DAY(serial_number). Lalu untuk rumus di Excelnya sendiri menjadi =DAY(Q77).

HOUR

Rumus Excel HOUR

HOUR berfungsi untuk mengambil keterangan JAM di tanggal lengkap, dan dengan keterangan jam yang dievaluasi. Formula HOUR ini sendiri adalah =HOUR(serial_number). Lalu untuk rumus HOUR di Excelnya, yakni =HOUR(Q83).

MINUTE

Rumus Excel MINUTE

Fungsi utama dari rumus di Excel yang berikut ini adalah untuk ambil keterangan MENIT di tanggal lengkap, dengan keterangan jam yang dievaluasi. Formula MINUTE tersebut adalah =MINUTE(serial_number). Lalu untuk rumus di Excel yakni =MINUTE(Q90).

SECOND

Rumus Excel SECOND

Ini adalah rumus di Excel yang biasanya digunakan untuk mengambil keterangan DETIK di tanggal lengkap, dengan keterangan jam yang dievaluasi. Formula dari SECOND sendiri diantaranya =SECOND(serial_number). Lalu untuk rumus SECOND di excel seperti ini, yakni =SECOND(Q97).

WEEKDAY

Rumus Excel WEEKDAY

Fungsinya, yakni untuk hitung jumlah baru di satu periode minggu tertentu, dan juga dengan ketentuan menghitung dari periode minggu hingga Sabtu atau pun Senin sampai Minggu. Formula WEEKDAY ini adalah =WEEKDAY(serial_number;[return_type]). Kemudian untuk rumus di Excelny sendiri menjadi =WEEKDAY(Q111).

DATEDIF

Memiliki fungsi untuk menghilangkan selisih hari, bulan, maupun tahun pada dua tanggal berbeda. Fungsi tersebut bahkan bisa digunakan untuk mengukur jumlah sisa hari jatuh tempo tagihan, maupun usia seseorang secara tepatnya. Formula DATEDIF adalah =DATEDIF(TanggalSebelum;TanggalSesusah;DataYangDicari). Lalu untuk rumus di Excelnya sendiri menjadi :

  • =DATEDIF(B4;C4”d”) untuk cari selisih total hari
  • =DATEDIF(B4;C4;”m”) untuk cari selisih total bulan
  • =DATEDIF(B4;C4;”y”) untuk cari selisih total tahun
  • =DATEDIF(B4;C4;”ym”) untuk cari selisih bulan, tidak termasuk tahun
  • =DATEDIF(B4;C4;”yd”) untuk cari selisih hari, tidak termasuk tahun
  • =DATEDIF(B4;C4;”md”) untuk cari selisih hari, tidak termasuk tahun dan bulan

Data Validation

Fungsinya adalah Anda nanti bisa membuat Cell hanya bisa diisi dengan data yang ada di list yang telah dibuat. Dari sini juga Anda nanti bisa buat inputan data pada kolom “sekolah” hanya bisa dimasukkan data nama sekolah sesuai list Anda.

Rumus Excel Data Validation satu

  • Jika Anda memang sudah memiliki list, klik saja di Cell yang kosong di kolom “sekolah”. Kemudian klik tab “Data” dan klik “Data Validation”.

Rumus Excel Data Validation dua

  • Nanti keluar kotak dan pilihlah value “LIST” di koyak Allow dan Source klik kotak yang paling kanan untuk ambil Source list nama sekolah yang Anda miliki.

Rumus Excel Data Validation tiga

  • Highlight semua data list sekolahnya, dan nanti akan muncul isian seperti data berikut.
    Rumus Excel Data Validation empat
  • Jika memang sudah benar, klik Ok. Dan sekarang masukkan value pada kolom sekolahnya.

MOD

Rumus Excel MOD

Fungsinya adalah untuk hasilkan nilai – nilai sisa pada pembagian. Formula MOD ini yakni =MOD(number;divisor). Sehingga didapatkan rumus di Excel seperti ini, =MOD(Q104;R104).

VLOOKUP

Fungsi dari rumus ini adalah untuk memudahkan Anda mencari pasangan data secara vertikal dari data – data tertentu. Contohnya saja ada list daftar hasil ujian anak sekolahan yang lengkap dengan nomor peserta, nama depan, nama belakang, dan lain – lain. Formula VLOOKUP yakni =VLOOKUP(lookup_value,table_array.row_index_num,[range_lookup]). Lalu untuk rumus di Excelnya sendiri menjadi =VLOOKUP(15;D4:G11:4;false).

HLOOKUP

Rumus Excel HLOOKUP

Lalu untuk fungsi dari rumus satu ini adalah untuk memudahkan Anda semuanya dalam mencari pasangan data secara horizontal dari data – data tertentu.

Contohnya saja ada list daftar hasil ujian anak sekolah yang lengkap dengan nomor peserta, nama depan dan belakang, nama sekolah, dan nilai ujiannya.

Kemudian ada tabel nama peserta dengan kolom nama sekolah yang masih kosong. Tugas Anda sini yakni mengisi data yang kosong tersebut menggunakan formula HLOOKUP.

Formula HLOOKUP ini adalah =HLOOKUP (lookup_value,table_array,row_index_num,[range_lookup]). Lalu untuk rumus HLOOKUP di Excel sendiri menjadi =HLOOKUP(15;D4:G11:4;false).

PIVOT Table

Ini adalah salah satu fasilitas yang bisa dijumpai di Excel, yang berupa tabel interaktif yang sangat berguna sekali untuk menganalisa, mengkombinasikan, dan juga membandingkan sejumlah data. Misalnya saja jika ada toko pejuang yang mendapat report sendiri berikut.

Rumus Excel PIVOT Table satu

Kemudian dari data tersebut ingin lihat sebetulnya pada tiap – tiap bulan kira – kira berapa sih omzet yang didapatkan dan profit dari toko ini dalam 3 bulan belakangan ini, yakni mulai bulan Juni – Agustus. Yang nanti akan dilakukan adalah highlight semua Cell kemudian klik saja pada tab “Insert” dan klik lagi “Pivot Table”.

Rumus Excel PIVOT Table dua

Sehingga nanti kan keluar Box seperti pada gambar di bawah ini. Jika sudah pilihlah “New Worksheet” agar hasil Pivot ada di Sheet baru. Jika suda tekan atau pilih Oke maupun Yes.

Rumus Excel PIVOT Table tiga

Setelah itu nanti akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Anda bisa olah data – data sesuai dengan report yang Anda inginkan.

Rumus Excel PIVOT Table empat

Contohnya saja apabila Anda memang ingin dapat melihat report, kira – kira berapa omzet dan profit di setiap bulannya dari penjalan toko Anda.

Di sini Anda juga bisa mencentang data yang ingin Anda ambil.

Untuk yang pertama pastinya Bulan Transaksi, kemudian centang pada “Omzet” dan juga “Profit”. Sehingga hasil yang didapatkan seperti pada gambar berikut ini.

Rumus Excel PIVOT Table lima

Atau apabila Anda memang ingin melihat dan mengetahui selama 3 bulan belakangan atau terakhir ini berapa jumlah produk yang berhasil terjual berdasarkan nama produknya, maka Anda bisa centang pada “Nama Produk” dan “Penjualan”.

Sehingga hasilnya nanti akan terlihat, misalnya saja dari data di bawah ini dapat Anda lihat bahwasannya bambu runcing berhasil dijual sebanyak 7 pcs, bendara 10 pcs, sepeda ontel 7 pcs, dan juga tas perang 8 pcs dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.

Rumus Excel PIVOT Table enam

Selain dengan Report di atas, Anda ternyata juga dapat melihat Report apapun yang bisa Anda olah dengan menggunakan Pivot Tablet satu ini.

Intinya dari Bulk Data yang Anda miliki nanti Anda bisa membuatnya jadi lebih ringkas, sesuai dengan data yang ingin Anda lihat pastinya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang rumus Excel lebih lengkapnya. Semoga bisa bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin