Pengertian Manajemen

Di dalam sebuah perusahaan atau organisasi, tentunya akan ada banyak masalah yang harus dipecahkan. Tidak jarang di dalam sebuah organisasi atau perusahaan bisa semakin buruk dan akhirnya bisa menyebabkan perusahaan atau organisasi tersebut mengalami kebangkrutan.

Supaya perusahaan atau organisasi bisa berjalan sesuai tujuan, maka manajemen sangat dibutuhkan. Manajemen di dalam sebuah perusahaan atau organisasi berguna untuk mengatur kehidupan dari perusahaan atau organisasi supaya bisa berjalan sama seperti tujuan bersama. Agar bisa lebih jelas, berikut ulasan tentang pengertian manajemen selengkapnya.

Pengertian Manajemen Secara Umum

Jika dilihat secara singkat, manajemen memiliki arti mengatur. Manajemen merupakan unsur penting dimana pada sebuah perusahaan atau organisasi hanya bisa berjalan dengan baik ketika ada manajemen di dalamnya yang berjalan dengan kondusif dan teratur.

Dengan manajemen yang baik, maka kualitas organisasi bisa ditingkatkan dan lingkungan kerja juga bisa lebih positif. Untuk itulah, manajemen tidak bisa dipisahkan dengan semua jenis perusahaan dan organisasi. Sebenarnya, manajemen sudah ada sejak manusia ada karena tidak hanya mengartikan mengatur organisasi atau perusahaan, namun juga berarti mengatur diri sendiri serta mengatur hubungan antara 2 orang yang juga bisa dikatakan sebagai manajemen.

Contohnya, peran ibu rumah tangga adalah untuk mengurus rumah tangga dan berbagai kebutuhan hidup keluarga, ekonomi dan kebutuhan lain. Untuk peran ibu rumah tangga ini, ibu merupakan seorang manajer yang mengatur pengeluaran dan pemasukan kebutuhan ekonomi sehari haru.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Selain memiliki pengertian umum, ada juga berbagai pengertian manajemen lainnya dari segala sumber. Para ahli juga mendefinisikan manajemen dengan berbagai pendapat dan berikut beberapa diantaranya.

Van Fleet dan Peterson

Menurut Van Fleet dan Peterson, manajemen diartikan sebagai rangkaian kegiatan yang diarahkan untuk pemanfaatan sumber daya dengan efisien serta efektif untuk mengejar satu atau bahkan lebih tujuan.

Megginson, Mosley dan Pietri

Menurut Megginson, Mosley serta Pietri, manajemen diartikan sebagai bekerja dengan cara memanfaatkan sumber daya manusia, fisik serta keuangan dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi yang melakukan pimpinan, perencanaan, pengorganisasian serta mengedalikan fungsi.

Kreitner

Menurut Keitner, manajemen mengartikan proses pemecahan masalah dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif lewat pemakaian sumber daya secara efesien di dalam lingkungan.

FW Taylor

FW Taylor berpendapat jika manajemen adalah seni untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan dan juga melihat jika itu dilakukan dengan cara yang paling baik.

Harold Koontz

Harold Koontz berpendapat jika manajemen merupakan seni untuk menyelesaikan semua hal lewat orang orang di dalam kelompok yang diorganisasikan secara formal. Ini merupakan seni untuk menciptakan lingkungan di mana orang bisa melakukan dan bisa bekerja untuk menuju pencapaian tujuan kelompok.

Henry Fayol

Henry Fayol mendefinisikan manajemen menjadi sebuah proses pengorganisasian, pengkoordinasian, perencanaan dan juga kontrol atau pengawasan sumber daya yang ada untuk mencapai sebuah tujuan yang efektif dan juga efisien.

Hilman

Hilman mengatakan jika arti manajemen adalah fungsi untuk memperoleh tujuan lewat sebuah perantara aktivitas atau kegiatan yang dilakukan seseorang dan juga mengawasi usaha individu untuk mencapai tujuan.

Renville Siagian

Renville Siagian mengatakan jika manajemen adalah sebuah bidang usaha jasa pelayanan yang diurus oleh tenaga ahli berpengalaman sekaligus terlatih.

Andrew F. Sikula

Menurut Andrew F. Sikula, manajemen biasanya dihubungkan dengan beberapa kegiatan pengorganisasian, perencanaan, pengendalian, penempatan, pemotivasian, pengarahan, komunikasi serta pengambilan keputusan yang dilakukan masing masing organisasi. Ini bertujuan untuk mengkoordinasikan banyak sumber daya yang dimiliki perusahaan sehingga bisa menghasilkan produk atau jasa dengan efisien.

G.R Terry

G.R Terry mengatakan jika manajemen merupakan sebuah proses yang sangat khas terdiri dari beberapa tindakan pengarahan, pengorganisasian, perencanaan serta pengendalikan.

Ini dilakukan untuk menentukan sekaligus mencapai sasaran yang sudah ditentukan lewat pemanfaatan sumber daya manusia serta beberapa sumber lain.

Cyril O’Doonel

Cyril O’Doonel berpendapat jika manajemen merupakan cara untuk memperoleh sebuah tujuan tertentu lewat kegiatan yang dilakukan orang lain. Dengan begitu, manajer akan mengadakan koordinasi untuk beberapa aktivitas orang lain meliputi pengorganisasian, perencaan, penempatan, pengendalian serta pengarahan.

Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan berpendapat jika manajemen merupakan ilmu serta seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia serta beberapa sumber lain dengan efektif dan efisien supaya bisa memperoleh tujuan tertentu.

James A.F. Stoner

James A.F. Stoner di tahun 2006 mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan serta pengendalian usaha dari anggota organisasi dan juga pemakaian seluruh sumber daya yang ada di organisasi agar bisa mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Gordon

Gordon pada tahun 1976 menyatakan jika manajemen berarti metode yang dipakai administrator untuk melakukan beberapa tugas tertentu atau untuk mencapai tujuan tertentu.

Millet

Di tahun 1954, Millet berpendapat jika manajemen merupakan proses memimpin serta untuk melancarkan pekerjaan dari beberapa orang yang sudah terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk mendapatkan tujuan yang memang diinginkan.

Hani Handoko

Menurut Handi Handoko, manajemen merupakan bekerja dengan beberapa orang untukmenentukan, menginterpretasikan serta memperoleh tujuan organisasi dengan pelaksanaan, pengorganisasian, fungsi perencanaan, penyusunan, pengarahan, personalia, kepemimpinan serta pengawasan.

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A mengatakan jika manajemen merupakan ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak dan bukan dari tanggung jawab keselamatan dan juga kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

Prof. Oie Liang Lee

Prof. Oie Liang Lee berpendapat jika manajemen merupakan ilmu serta seni untuk mengkoordinasikan dan juga mengawasi tenaga manusia yang dilakukan dengan bantuan alat untuk memperoleh tujuan yang sudah ditetapkan.

The Liang Gie

Menurut pendapat The Liang Gie di tahun 1982, manajemen berarti unsur yang menjadi rangkaian dari perbuatan menggerakkan karyawan serta mengarahkan semua fasilitas kerja supaya tujuan organisasi yang berkaitan bisa benar benar tercapai.

Plunket dkk

Plunket dkk berpendapat jika manajemen merupakan One or more managers individually and collectively setting and acheiving goals by exercising related functions. [planning oeganizing staffing leading and controlling] and coordinating barious resources [information materials money and people].

Jika diartikan kurang lebih manajemen merupakan satu atau lebih manajer yang secara individu atau bersama sama menyusun serta mencapai tujuan organisasi dengan melakukan beberapa fungsi terkait [perencanaan pengorganisasian penyusunan staf pengarahan dan pengawasan] dan mengkoordinasi banyak sumber daya [informasi material uang dan orang].

Mary Parker Follett

Menurut Mary Parker Follett, manajemen diambil dari bahasa Perancis kuno yakni menagement yang berarti seni melakukan dan mengatur. Ia berpendapat jika manajemen memiliki peran sebagai sebuah seni untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan melalui orang lain. Pengertian tersebut memperlihatkan jika seorang manajer memiliki tugas untuk mengarahkan serta mengatur seseorang agar bisa mencapai sebuah tujuan organisasi.

 

Pelajari Juga Tentang Contoh Surat Pengunduran Diri

 

Ricky W. Griffin

Ricky W. Griffin berpendapat jika manajemen merupakan sebuah proses pengorganisasian, perencanaan, pengkoordinasian serta pengontrolan sumber daya supaya bisa mencapai sasaran atau gol dengan efektif serta efisien.

Arti dari efisien sendiri adalah ketika sebuah tugas yang ada sudah dilakukan dengan terorganisir, benar serta sesuai dengan jadwal. Efektif juga memiliki arti jika sebuah tujuan bisa didapat sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma