Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis merupakan perubahan atau perkembangan biologi pada makhluk hidup yang diawali dari telur hingga akhirnya berkembang menjadi dewasa sempurna dengan mengalami beberapa perubahan dari mulai morfologi, bentuk anatomi hingga fisiologinya.

Perubahan yang terjadi pada fisik tersebut terjadi karena pertumbuhan serta diferensiasi sel secara radikal atau dinamik. Metamorfosis sempurna terjadi pada jenis hewan amfibi dan juga beberapa jenis serangga.

Sedangkan metamorfosis tidak sempurna dialami oleh beberapa jenis serangga. Untuk ulasan kali ini, akan kami jelaskan tentang metamorfosis tidak sempurna lengkap dengan gambar dan beberapa contoh hewan yang mengalami jenis metamorfosis ini.

Pengertian Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna atau disebut juga dengan hemimetabola merupakan perubahan bentuk tubuh antara fae nimfa dan juga fase imago yang tidak mencolok. Hewan yang mengalami fase metamorfosis tidak sempurna juga tidak mengalami fase pupa atau kepompong sehingga dinamakan metamorfosis tidak sempurna.

Tahapan Metamorfosis Tidak Sempurna

Hewan yang melewati fase metamorfosis tidak sempurna memiliki ciri, sifat dan juga bentuk yang tidak berbeda terlalu jauh dengan induknya. Berikut ini akan dijelaskan tahapan metamorfosis tidak sempurna selengkapnya.

  • Telur

Tahap pertama metamorfosis tidak sempurna diawali dari telur yang dihasilkan dari perkawinan antara induk betina dan juga induk jantan. Induk betina nantinya akan mengandung benih benih telur yang kemudian akan dikeluarkan jika memang sudah siap.

Telur nantinya akan diletakkan dalam tempat yang berbeda beda. Ada hewan yang meletakkan telur dengan cara disatukan dan ada juga yang menempelkan telur satu per satu dalam sebuah kelompok dan diletakkan pada sebuah paket yang dinamakan ooteka.

  • Nimfa atau Serangga Muda

Nimfa atau serangga muda dihasilkan ketika telur yang sudah dibuahi oleh induknya berhasil menetas dan nimfa tersebut akan memiliki bentuk serta sifat yang sama seperti induknya.

Dalam fase ini, serangga muda atau nimfa akan mengalami ekdiis atau proses mengganti kulit dan masing masing tahap pergantian kulit tersebut dinamakan dengan instar. Setiap spesies mempunyai jumlah instar atau tahapan yang berbeda beda. Namun umumnya ada 8 hingga 17 instar.

Serangga muda atau nimfa tersebut mempunyai waktu sekitar 4 minggu untuk terus berkembang hingga akhirnya berubah menjadi dewasa.

  • Imago atau Hewan Dewasa

Imago atau hewan dewasa merupakan fase yang ditandai dengan berkembangnya semua organ tubuh secara baik.

Contoh Hewan Metamorfosis Tidak Sempurna

Sebenarnya, ada cukup banyak hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna dan berikut akan kami berikan beberapa contohnya.

  • Belalang

Belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna yang diawali dari telur, fase nimfa dan juga fase imago atau belalang dewasa. Pada saat ada di fase telur, umumnya akan berlangsung selama 1 hingga 10 bulan tergantung dari keadaan lingkungan dan jenis belalangnya.

Jika di daerah dingin, maka telur belalang bisa menetas cukup lama dibandingkan dengan belalang yang hidup di daerah tropis.

Sesudah menetas, telur belalang akan keluar dari cangkang kemudian mencari makan. Ketika menjadi nimfa, awalnya belalang tidak mempunyai sayap sehingga akan mencari makan dengan cara tidak terbang dan hanya mengandalkan kaki untuk merayap di ranting ranting tanaman.

Selama fase nimfa, belalang akan berganti kulit sebanyak beberapa kali dan diikuti juga dengan pertumbuhan sayap yang berlangsung antara 30 hingga 40 hari sampai akhirnya berubah menjadi belalang dewasa.

  • Jangkrik

Jangkrik juga mengalami metamorfosis tidak sempurna dan dalam satu siklus memerlukan 83 hari sampai akhirnya menjadi imago. Selain itu, metamorfosis jangkrik terjadi dalam 3 tahap yaitu telur, nimfa dan jangkrik dewasa.

Saat ada di fase telur, jangkrik biasanya butuh waktu untuk menetas yang lebih cepat jika dibandingkan dengan belalang, yakni hanya 3 hari. Sesudah menetas, nantinya nimfa akan keluar serta membutuhkan waktu sekitar 40 hari untuk berubah menjadi imago atau jangkrik dewasa.

Sesudah melewati fase nimfa, jangkrik akan tumbuh hingga berubah menjadi jangkrik dewasa. Sedangkan tahap jangkrik dewasa sampai siap untuk kawin dan bereproduksi adalah sekitar 40 hari sejak menjadi imago atau jangkrik dewasa.

 

Kami Juga Punya Artikel Tentang Metamorfosis Sempurna Lengkap Dengan Contoh dan Gambar

 

  • Kecoa

Kecoa mengalami fasse metamorfosis tidak sempurna yang diawali dari telur. Telur akan dikeluarkan kecoa betina dan diletakkan di permukaan tanah dengan bentuk kecil, berkelompok serta sedikit lengket yang dilindungi seperti kapsul disebut ootheca dan umumnya akan menetas sesudah 1 hingga 2 bulan.

Sesudah menetas, maka akan berubah menjadi nimfa dengan bentuk yang sama seperti kecoa dewasa namun tidak mempunyai sayap. Selama ada dalam fase nimfa, kecoa akan mengalami pergantian kulit diikuti juga dengan tumbuhnya sayap selama 60 hari hingga 2 bulan.

Sesudah masuk ke fase kecoa dewasa, maka kecoa sudah siap untuk kawin meski fase imago atau kecoa dewasa hanya berlangsung selama 20 hari dan kemudian mati. Selama menjadi kecoa dewasa, kecoa betina bisa bertelur cukup banyak yakni antara 8 hingga 20 kali.

Itulah ulasan dari kami tentang metamorfosis tidak sempurna yang merupakan proses tumbuh dan kembang hewan serangga dari mulai telur menetas hingga menjadi hewan dewasa. Semoga bisa banyak memberikan informasi untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma