Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis merupakan perubahan bentuk tubuh dan juga kebiasaan selama fase siklus perkembangan hewan sedang berlangsung. Metamorfosis terbagi menjadi dua jenis yakni metamorfosis sempurna dan juga metamorfosis tidak sempurna. Kedua jenis metamorfosis ini sama sama bermula dari tahapan telur hingga ke dewasa. Untuk ulasan kali ini, kami akan jelaskan secara lengkap tentang metamorfosis sempurna lengkap dengan contohnya.

Pengertian Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna merupakan perkembangan serangga yang dimulai dari telur, larva, kepompong kemudian menjadi dewasa yang berbeda beda dalam morfologi. Beberapa contoh serangga yang mengalami metamorfosis sempurna diantaranya adalah ngengat, lebah, kutu, semut, kupu kupu, kumbang dan juga tawon.

Metamorfosis sempurna dimulai dari diletakannya telur oleh serangga betina. Kemudian, larva yakni tahap kedua dari metamorfosis sempurna akan menetas keluar dari telur.

Selama fase larva, biasanya akan terlihat ciri yang khas dan berbeda dari fase dewasa dalam morfologi yakni perilaku dan habitatnya. Tubuh larva masih lunak dan ciri khas lainnya yakni makan dalam jumlah yang banyak. Karena selera makan larva besar, maka dalam tahapan ini larva juga akan tumbuh dengan cepat.

Selama fase pertumbuhan, nantinya larva akan berganti kulit sebanyak beberapa kali dan tahap kepompong akan dimulai dengan terbentuknya kepompong di sekitar tubuh larva.

Ketika masih dalam bentuk larva, maka tidak akan aktif dan tidak akan mencari makan seperti saat sudah dalam fase kepompong. Ketika fase kepompong, tubuh hewan nantinya akan mengembangkan segmen, organ dalam, sayap dan kaki.

Tahap kepompong biasanya akan berlangsung selama 4 hari sampai beberapa minggu tergantung dari kondisi lingkungannya. Sesudah selesai dalam proses perkembangan kepompong dan sudah siap, maka tahap selanjutnya yakni menjadi dewasa akan dimulai dengan keluarnya hewan tersebut dari kepompong.

 

Tahapan Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna merupakan perkembangan dari langkah demi langkah dan waktu demi waktu yang memang sudah seharusnya sehingga proses pertumbuhan makhluk tersebut tidak cacat. Supaya lebih jelas, berikut kami berikan penjelasan tahap metamorfosis sempurna.

  • Telur

Telur merupakan calon makhluk hidup agar terus berkembang sampai dewasa. Sel telur nantinya akan terus berkembang menjadi zigot sesudah pembuahan spermatozoid dan sel telur terjadi.

Betina nantinya akan mengeluarkan serta meletakan telur di tempat aman agar tidak diserang predator dan akan terus dijaga perkembangannya. Sebagai contoh, nyamuk dan katak akan meletakkan telur didalam air, sedangkan kupu kupu akan meletakkan telur di daun.

  • Larva

Sesudah telur menetas, maka akan berubah menjadi larva atau disebut dengan hewan muda. Selama metamorfosis, setiap serangga akan selalu melewati tahapan ini dengan bentuk larva yang berbeda beda untuk masing masing jenis hewan. Sebagai contoh, larva nyamuk berbentuk jentik yang belum memiliki organ tubuh.

  • Nimfa

Nimfa merupakan perkembangan berikutnya dari larva namun dengan ukuran yang masih kecil sebelum nantinya berubah menjadi dewasa. Bagian bagian organ dari nimfa sudah mulai terbentuk dan berkembang.

  • Pupa

Pupa umumnya disebut juga dengan kepompong. Pupa ini belum makan dan minum serta masih dilindungi kerangka luar yang dinamakan kokon. Dalam kokon, hewan akan terus berkembang membentuk organ dan menyempurnakan bentuknya. Meski pupa tidak makan, namun pada tahapan ini pupa mempunyai cadangan makanan yang cukup banyak.

  • Imago

Imago merupakan tahapan sesudah kepompong yakni fase keluarnya hewan dai kokon dan berubah menjadi dewasa. Imago ini mempunyai habitat dan cara makan berbeda dibandingkan saat masih berbentuk larva.

 

Contoh Metamorfosis Sempurna

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tidak semua hewan memiliki metamorfosis sempurna dan berikut kami berikan beberapa contoh hewan yang memiliki metamorfosis sempurna dalam perkembangannya.

  • Katak

Katak merupakan salah satu hewan yang memiliki metamorfosis sempurna bermula dari telur yang kemudian berubah menjadi embrio kemudian menjadi kecebong yang masih berada didalam air.

Sesudah itu, kecebong akan berkembang dan membentuk dua kaki serta ekor dan berkembang lagi hingga menjadi katak muda dan akhirnya berubah menjadi katak dewasa.

  • Kupu Kupu

Kupu kupu juga mengalami metamorfosis sempurna. Siklus hidup hidup kupu kupu diawali dari telur yang kemudian berubah menjadi larva. Kemudian, larva akan berubah menjadi pupa atau biasa disebut dengan kepompong dan akhirnya berubah menjadi kupu kupu yang cantik.

  • Nyamuk

Metamorfosis sempurna dari nyamuk berawal dari telur di dalam air yang kemudian berkembang membentuk larva yakni jentik nyamuk. Sesudah itu, pulpa akan berkembang terus hingga akhirnya berubah menjadi nyamuk dewasa.

 

Pelajari Juga Artikel Kami Tentang Metamorfosis Tidak Sempurna Pada Beberapa Jenis Serangga

 

Persamaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Meski kedua proses perkembangan hewan ini berbeda, namun juga ada beberapa persamaan antara keduanya, yakni:

  • Metamorfosis sempurna dan tidak sempurna merupakan jenis pertumbuhan serangga.
  • Bentuk tubuh akan berubah dengan baik pada kedua metamorfosis ini.
  • Kedua metamorfosis akan berawal dari telur yang kemudian melewati beberapa tahapan hingga berubah menjadi dewasa.
  • Proses penggantian kulit juga terjadi pada kedua metamorfosis ini seiring dengan perkembangannya menjadi dewasa.

Demikian penjelasan kami kali ini tentang metamorfosis sempurna dari mulai pengertian, tahapan, contoh hewan yang juga dilengkapi dengan gambar. Semoga bisa memberi wawasan anda dan jangan lupa juga untuk membaca artikel dari kami yang lainnya.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma