Hewan Karnivora

Karnivora merupakan organisme pemakan daging atau hewan yang terkadang juga disebut dengan predator dan organisme yang diburu karnivora tersebut dinamakan dengan mangsa. Karnivora menjadi bagian utama dari rantai makanan dan dalam rantai makanan tersebut dikelompokkan dalam level trofik atau nutrisi.

Ada 3 level trofik yakni autotroph yakni organisme penghasil makanan sendiri seperti tanaman dan ganggang. Sedangkan herbivora adalah organisme pemakan tanaman dan autotrof lainnya.

Sedangkan karnivora berada dalam level trofik ketika bersama dengan omnivora yakni makhluk yang mengkonsumsi tanaman sampai hewan. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak ulasan dari kami kali ini tentang hewan karnivora.

 

Pengertian Hewan Karnivora

Hewan karnivora adalah hewan yang memakan daging dan sebenarnya juga ada tanaman yang memiliki sifat karnivora. Meski tidak semua, namun sebagian besar hewan karnivora merupakan anggota ordo carnivora meski tidak semua anggota ordo carnivora tersebut memang benar benar karnivora.

Karnivora merupakan semua spesies pemakan daging. Hewan karnivora adalah susunan mamalia plasenta yang mencakup canid seperti conohnya kucing, beruang, anjing laut, serigala dan sebagainya. Sedangkan beberapa hewan karnivora lainnya juga melengkapi diet dengan mengkonsumsi tumbuh tumbuhan.

 

Jenis Jenis Hewan Karnivora

Kategori hewan karnivora terbagi menjadi tiga berdasarkan tingkat konsumsi daging yakni hiperkarnivora, mesokarnivora dan juga hipokarnivora.

  • Hiperkarnivora: Ini merupakan hewan akrnivora yang paling banyak makan daging karena tidak bisa mencerna tumbuhan dengan baik sehingga 70% makanannya berasal dari daging sepeti ular, singa, harimau, kadal dan sebagainya.
  • Mesokarnivora: Mesokarnivora adalah hewan karnivora yang bergantung pada daging sekitar 50%. Selain mengkonsumsi dagingm jenis hewan karnivora ini juga akan makan buah, jamur dan sayutan yang biasanya berukuran kecil seperti rakun dan rubah.
  • Hipokarnivora: Ini adalah jenis hewan karnivora yang paling sedikit makan daging yakni sekitar 30% saja. Untuk itu, terkadang hewan ini juga dianggap sebagai omnivora karenajuga akan makan kacang kacangan, ikan, akar dan juga beri.

 

Karakteristik Hewan Karnivora

Meski hewan karnivora memiliki bentuk dan ukuran bervariasi, namun tetap ada beberapa kesamaan seperti memiliki otak relatif besar dan juga tingkat kecerdasan tinggi. Selain itu, hewan karnivora juga mempunyai sistem pencernaan yang tidak terlalu rumit seperti herbivora.

Meski karnivora adalah hewan pemakan daging pada tingkatan tertentu, namun frekuensi makan bisa sangat bervariasi. Untuk karnivora berdarah panas akan lebih banyak membakar kalori sehingga harus sering makan dan berburu untuk menjaga tingkatan energi.

Sedangkan karnivora yang tinggal di daerah dingin akan memakai lebih sedikit kalori sehingga bisa beristirahat selama beberapa hari bahkan beberapa bulan di antara waktu makan.

 

Fungsi Karnivora Dalam Rantai Makanan

Hewan karnivora berada dalam tingkat trofi ketika bersama dengan omnivora. Karena berada di tingkat teratas dalam rantai makanan, maka karnivora akan berfungsi untuk menjaga populasi hewan lainnya.

Apabila populasi hewan karnivora ini musnah karena bencana alam, penyakit, intervensi manusia atau karena faktor lain, maka sebuah daerah akan mengalami kelebihan populasi makhluk hidup lain yang lebih rendah di dalam rantai makanan.

 

Contoh Hewan Karnivora

Ada begitu banyak contoh dari hewan karnivora yang kebanyakan juga merupakan hewan buas atau dinamakan dengan predator. Berikut akan kami berikan beberapa contoh hewan karnivora yang masih bisa kita temui hingga sekarang.

 

  • Harimau

Contoh hewan karnivora pertama adalah harimau yakni salah satu jenis dari kucing besar. Harimau adalah hewan berdarah panas dan juga termasuk hewan pelari cepat yang bahkan bisa saja mengalahkan kecepatan cheetah.

 

  • Singa

Singa merupakan hewan yang dijuluki sebagai raja hutan karena memiliki sifat buas yang sangat ditakuti hewan lainnya. Hewan karnivora ini juga termasuk jenis hewan mamalia atau menyusui yang memiliki jenis berbeda beda di berbagai wilayah dunia.

Singa hidup dalam kelompok namun tidak berjumlah banyak. Dalam kelompok tersebut, singa betina yang akan berperan aktif mencari mangsa, sedangkan singa jantan akan meminta makanan dari singa betina.

 

  • Serigala

Serigala adalah contoh hewan karnivora berikut yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil jika dibandingkan dengan hewan karnivora lainnya. Meski memiliki bentuk seperti anjing, namun serigala ini adalah hewan yang sangat buas dengan ciri khas lolongannya yang sering terdengar di malam hari.

 

Pelajari Juga Artikel Lainnya Tentang Hewan Karnivora

 

  • Beruang

Beruang adalah hewan karnivora yang hingga sekarang masih memiliki banyak spesies di berbagai belahan dunia dari mulai ukuran sedang hingga besar. Ciri khas utama dari beruang adalah memiliki warna hitam di setiap tubuhnya. Namun meski hampir semua jenis beruang adalah karnivora, namun tidak dengan beruang madu karena hanya mengkonsumsi madu, dedaunan dan beberapa jenis buah buahan.

 

  • Komodo

Hewan karnivora selanjutnya yang juga menjadi hewan asli Indonesia adalah komodo dan dikategorikan sebagai kadal terbesar di dunia. Komodo ini mempunyai kulit yang tebal dan keras serta bisa berukuran hingga 3 meterketika sudah tua.

Kekuatan utama dari komodo yang sering digunakan ketika berburu mangsa ada di ekor, rahang dan juga air liurnya yang beracun untuk melumpuhkan mangsanya.

 

Itulah tadi ulasan yang bisa kami berikan tentang pengertian hewan karnivora lengkap dengan fungsinya dalam rantai makanan, jenis dan juga beberapa contoh hewan yang termasuk jenis hewan karnivora. Semoga bisa menambah informasi dan jangan lupa juga untuk mempelajari artikel dari kami lainnya.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma