Hewan Herbivora

Hewan herbivora merupakan organisme yang umumnya memakan tanaman dengan ukuran beragam dari mulai serangga kecil hingga yang berukuran besar seperti gajah. Herbivora menjadi bagian utama dalam rantai makanan yang akan makan organisme lainnya di alam liar. Sedangkan dalam rantai makanan, herbivora berada dalam tingkat atrofik kedua yang memakan autotrof atau organisme yang bisa menghasilkan makanan sendiri seperti tanaman atau ganggang. Berikut akan kami berikan penjelasan tentang hewan herbivora selengkapnya.

 

Pengertian Hewan Herbivora

Hewan herbivora adalah binatang atau serangga yang hanya makan tumbuh tumbuhan seperti sayuran, buah buahan, daun, umbi dan juga akar. Hewan herbivora ini hanya akan mengkonsumsi semua makhluk hidup yang membutuhkan fotosintesis untuk hidup dan beberapa tanaman parasit yang memberi makan tanaman lain juga dianggap sebagai herbivora.

 

Jenis Hewan Herbivora

Ada banyak jenis hewan herbivora yang masih bisa kita temui dengan mudah sekarang ini. Untuk jenis hewan herbivora yang khusus mengkonsumsi buah disebut dengan frugivora seperti contohnya kelelawar buah dan rubah terbang. Sedangkan untuk herbivora serangga umumnya memakan dedaunan seperti ulat bulu, jerapah, panda dan juga koala yang disebut dengan folivora.

Sedangkan untuk hewan herbivora pemakan kayu disebut dengan xylophage seperti rayap dan juga kumbang.

 

Fungsi Hewan Herbivora Dalam Rantai Makanan

Apa yang dikonsumsi organisme akan menentukan levelnya dalam sistem trofik atau rantai makanan. Herbivora sendiri merupakan sistem transportasi energi fotosintesis dan disebut sebagai konsumen utama dalam sistem trofik.

Ini mengartikan jika herbivora adalah hewan pertama yang akan memakan produsen. Namun dalam hukum termodinamika kedua, tidak semua energi yang didapat tanaman akan dipindahkan ke hewan herbivora. Meski sangat bervariasi, namun hanya sekitar 10% energi yang akan diambil dari hewan herbivora dari tumbuh tumbuhan dan hanya sebesar 10% energi herbivora yang akan dipakai oleh hewan karnivora yang mengkonsumsinya.

 

Sistem Pencernaan Hewan Herbivora

Sistem pencernaan pada hewan karnivora dengan hewan herbivora sangatlah berbeda. Karnivora umumnya hanya mempunyai satu ruang perut dan juga sistem pencernaan yang sederhana. Sedangkan herbivora mempunyai beberapa ruang labung serta saluran pencernaan yang lebih lama.

Hewan herbivora yang memiliki banyak ruang perut diantaranya adalah domba, unta, jerapah, rusa dan juga ternak yang disebut dengan ruminansia. Sel sel tumbuhan sangatlah keras dan selulosa yang membentuk dinding sel pada pencernaan hewan herrbivora membentuk dinding sel untuk mengolah tumbuhan yang keras tersebut.

Pencernaan herbivora dimulai dari gigi yang besar dan juga rata untuk menggiling tanaman. Sesudah makanan berhasil dikunyah, maka bakteri khusus dalam usus serta saluran pencernaan bisa memecah bahan makanan tersebut. Sedangkan untuk hewan ruminansia akan memuntahkan makanan yang disebut dengan kud dan memakannya kembali untuk membantu proses pencernaan. Sesudah melunak, makanan tersebut akan kembali naik untuk dikunyah dan akhirnya turun ke ruang ketiga begitu seterusnya hingga akhirnya bisa menembus semua ruang perut.

 

Ciri Ciri Hewan Herbivora

Ciri ciri dari hewan herbivora ini tentunya berbeda dengan hewan pemakan daging atau serangga seperti beberapa ciri khas berikut ini:

  • Hewan herbivora akan melahirkan anak dengan cara beranak.
  • Hewan herbivora adalah hewan berdarah panas.
  • Hewan herbivora memiliki kaki sebanyak 4 buah.
  • Hewan pemakan tumbuhan tergolong dalam jenis mamalia.
  • Umumnya, hewan herbivora akan hidup di darat.
  • Hewan herbivora mempunyai gigi geraham yang lebar.

 

Contoh Hewan Herbivora

Jenis jenis hewan herbivora yang bsa kita temui sekarang ini cukup banyak bahkan ada di sekitar kita meski sebagian lagi berada di alam liar. Berikut adalah beberapa contoh hewan herbivora tersebut:

 

  • Kelinci

Contoh hewan herbivora pertama adalah kelinci yang biasanya juga sering dipelihara oleh manusia. Kelinci adalah hewan mamalia yang terbagi menjadi dua jenis yakni kelinci di alam liar dan juga kelinci peliharaan.

Sedangkan untuk makanan paling utama dari kelinci adalah berbagai tumbuhan seperti sawi, wortel dan juga jenis tumbuhan dan buah buahan lainnya.

 

  • Panda

Pandang yang sangat menggemaskan ini juga tergolong dalam jenis hewan herbivora. Hewan pemakan tumbuhan ini bisa banyak ditemukan di Cina Barat dan juga Tengah yang sangat senang makan bambu muda dan hidup berkelompok serta tinggal dalam satu wilayah.

 

Selain Herbivora, Pelajari Juga Artikel Lain Tentang Hewan Karnivora

 

  • Rusa

Rusa yang berasal dari Australia dan Antartika ini juga tergolong dalam jenis hewan herbivora lebih tepatnya golongan spesies cerviade yang hanya makan rumput dan gula sebagai makanan utamanya.

 

  • Gajah

Gajah adalah hewan herbivora yang juga termasuk hewan menyusui atau mamalia dengan tubuh sangat besar, mata sipit dan juga telinga besar serta belalai. Gajah merupakan hewan herbivora yang hidup di alam liar namun juga bisa anda lihat di kebun binatang.

Gajah betina biasanya akan hidup dalam kelompok keluarga yang terdiri dari satu betina beserta anak anaknya atau beberapa betina yang berhubungan dengan anak anaknya. Kelomok tersebut akan dipimpin satu gajah yang disebut dengan nenek gajah yakni gajah betina tertua. Gajah adalah hewan herbivora karena hanya makan tumbuh tumbuhan yang ada disekitarnya untuk bisa bertahan hidup.

 

Itulah tadi ulasan lengkap dari kami tentang pengertian hewan herbivora, karakteristik, fungsinya dalam rantai makanan hingga contoh beberapa hewan yang termasuk hewan herbivora. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma