Contoh Surat Pengunduran Diri

Untuk karyawan, pengunduran diri atau resign bisa dilakukan karena berbagai alasan seperti tempat pekerjaan yang tidak sama dengan kepribadian anda. Gaji yang tidak sesuai, ingin pindah kerja, masalah kesehatan dan lain sebagainya.

Jika memang anda ingin resign atau mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja sekarang ini, perlu diketahui jika ini tidak bisa dilakukan hanya dengan meninggalkan perusahaan. Ada prosedur yang wajib anda lakukan supaya anda tidak dianggap tidak menghargai pekerjaan. Caranya adalah, anda harus membuat surat pengunduran diri yang paling baik dan benar.

Dalam ulasan kali ini, kami akan jelaskan beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa anda pakai sebagai ide menulis surat pengunduran diri atau resign agar tidak menimbulkan kesan yang negatif.

Manfaat Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri merupakan salah satu jenis surat yang sangat penting ketika anda memutuskan untuk keluar dari suatu pekerjaan. Contoh surat pengunduran sering dipakai karyawan ketika ingin keluar dari perusahaan karena alasan tertentu.

Surat pengunduran diri kerja atau surat resign yang anda buat harus berisi alasan yang logis serta masuk akal supaya bisa diterima dengan perusahaan secara baik. Selain agar tidak timbul perasaan tersinggung mengenai keputusan pengunduran diri, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika membuat surat pengunduran diri:

Supaya Terlihat Profesional

Agar bisa memperlihatkan sikap profesionalisme saat bekerja, tentu anda harus lebih mengedepankan nilai kesopanan. Untuk itulah pada saat anda ingin mengundurkan diri, anda tidak boleh langsung keluar begitu saja.

Apabila anda mengundurkan diri tanpa membuat surat pengunduran diri, maka tidak akan baik karena anda akan dinilai sebagai pekerja yang tidak profesional. Selain itu, perusahaan yang sudah anda tinggalkan akan berbicara hal yang buruk tentang anda pada perusahaan baru penerima kerja.

Sebaliknya jika anda membuat surat pengunduran diri, maka perusahaan akan menilai anda sebagai pekerja yang profesional serta memiliki tanggung jawab.

Supaya Perusahaan Bisa Mencari Kandidat Baru Pengganti Anda

Tujuan lain dari surat pengunduran diri adalah supaya perusahaan bisa mempersiapkan karyawan baru yang akan menggantikan anda sesudah resign. Ini tentu bisa membantu perusahaan agar tidak ada kekosongan posisi kerja yang berimbas dengan menurunnya tingkat produktivitas perusahaan tersebut.

Untuk itulah, anda harus membuat surat pengunduran diri beberapa bulan sebelum waktu pengunduran diri. Sebagai contoh, anda ingin mengundurkan diri di bulan Juli 2020, maka anda bisa memberikan surat pengunduran diri pada bulan April atau Mei 2020. Dengan memberikan surat pengunduran diri jauh sebelum waktunya, maka ini bisa dikatakan sebagai bentuk penghargaan pada perusahaan tempat anda bekerja.

Contoh Surat Pengunduran Diri Terbaik

Jakarta, 9 April 2020

Kepada

Yth. Pimpinan

PT. Jaya Sentosa

Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Andi Nugroho
  • Alamat: Jln. Melati No.2, Jakarta
  • Jabatan: Customer Service

Dengan surat ini, saya memiliki tujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan perusahaan Bapak/Ibu terhitung dari tanggal 10 Juni 2020.

Sebelumnya, izinkan saya mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar besarnya sebab sudah diberikan kesempatan belajar sekaligus bekerja secara profesional dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga berterimakasih atas bimbingan yang selama ini sudah diberikan baik secara langsung dan tidak langsung.

Saya mohon maaf yang sebesar besarnya sebab sudah tidak lagi bisa menjadi bagian di dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya harap, perusahaan yang Bapak/Ibu miliki bisa berkembang semakin baik lagi.

Demikian surat pengunduran diri yang saya susun dengan penuh kesadaran dan juga atas dasar keinginan saya sendiri tanpa adanya paksaan dari siapa pun juga.

Hormat saya,

 

Andi Nugroho

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Jakarta, 9 April 2020

Kepada

Yth. Human Resource

PT. Kencana Gemilang

Jl. Pendidikan 5 Jakarta

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya yang menjabat sebagai Manager Proyek di PT Kencana Gemilang, atas dasar keputusan direksi, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budi Darmawan

Departemen: Pengembangan dan Riset

Jabatan: Manajer Proyek

ID Karyawan: EMS-102

Memiliki niat untuk menyampaikan pengunduran diri dari jabatan Manajer Proyek terhitung dari tanggal 1 Juni 2020.

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar besarnya atas kesempatan yang sudah diberikan pada saya. Semua yang sudah diberikan sudah membantu saya menjadi pekerja yang jauh lebih profesional. Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya pada semua jajaran direksi PT Kencana Gemilang beserta dengan seluruh rekan di departemen Pengembangan dan Riset apabila selama ini ada banyak kesalahan yang saya buat baik yang disengaja atau tidak disengaja.

Untuk kelancaran tugas dari jabatan poyek manajemen, dengan ini saya bersedia membantu sampai masa transisi berjalan. Semoga untuk ke depan, PT Kencana Gemilang  bisa terus berkembang semakin baik.

Hormat Saya,

Budi Darmawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Jakarta, 13 April 2020

Kepada

Yth. Ketua Umum

LSM Pemuda Peduli

Jl. Persatuan, Jakarta

Dengan surat ini, saya ingin menyampaikan tujuan dari pengunduran diri yang saya ajukan sebagai Ketua Humas di LSM Pemuda Peduli sebab saya harus melanjutkan kuliah saya di luar negeri terhitung mulai tanggal 20 Juni 2020.

Sebelumnya, saya mengucapkan banyak terima kasih untuk semua yang sudah saya terima selama ini. Terima kasih sudah memperkenankan saya menjadi bagian dari LSM Pemuda Peduli. Saya memohon maaf jika memang ada kesalahan yang sudah pernah saya buat selama bergabung di LSM Pemuda Peduli.

Semoga dengan pengunduran diri saya dari LSM Pemuda Peduli tidak menjadi penghalang untuk semua agar bisa terus maju dalam menginspirasi Indonesia. Demikian surat pengunduran diri saya dan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Jaka Sunardi

Pelajari Juga Tentang Rumus Excel Terlengkap

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Profesional

Jakarta, 8 April 2020

Kepada Yth,

Manajer PT. Mutiara Perdana Tbk.

Jl. Semarang No.100a

Jakarta

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Head Marketing di PT. Mutiara Perdana Tbk, sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama [SKB] tentang Ketenagakerjaan serta UU Tenaga Kerja, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  • Nama: Suci Suliastri
  • Departemen: Pemasaran
  • Jabatan: Head Marketing
  • ID Karyawan: GEMP-1270

Memiliki keinginan untuk mengajukan surat pengunduran diri kerja di PT. Mutiara Perdana Tbk sebab faktor kesehatan yang membuat saya tidak lagi mungkin bekerja dengan maksimal. Untuk itulah, saya harap perusahaan bisa mengerti sekaligus memahami kondisi yang saya alami dan juga memberikan segala hak saya sesuai dengan perundang undangan ketenagakerjaan.

Demikian surat pengunduran diri yang saya tulis dengan kesadaran penuh, terimakasih untuk semua bantuan serta dukungan yang sudah saya dapatkan selama bekerja dan saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Suci Suliastri

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Semoga beberapa contoh di atas bisa mempermudah anda ketika ingin membuat surat pengunduran diri terbaik.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma