Contoh Recount Text

Recount text merupakan salah satu bentuk dari teks yang berisi cerita masa lalu baik itu berbentuk pengalaman pribadi, kelompok atau event tertentu yang akan ditulis dalam bahasa Inggris. Sedangkan di dalam bahasa Indonesia atau konteks tulisan yang memakai bahasa Indonesia, maka jenis teks recount akan disetarakan dengan catatan pribadi seperti catatan observasi atau catatan harian yang fungsinya lebih kepada pengingat.

Ciri Ciri Recount Text

Recount text sendiri memiliki beberapa ciri khas seperti:

• Memakai kalimat past tense sebab akan menceritakan kejadian yang sudah pernah terjadi.
  • Memakai conjunction serta time connectives seperti after, before, when, then dan juga first dalam merangkai sebuah kejadian.
  • Memakai action verbs seperti eat, walk, visit dan juga go.
  • Memakai adverbs serta adverbial phrase.

Contoh Recount Text Pendek Untuk Tiket Bioskop

Contoh Recount Text Pendek Untuk Tiket BioskopOrientation

Last week, i go to theatre. It was the only theatre at my city.

I had one free ticket to watch a movie.

I had no idea about the movie like to watch and i did know the schedule of that theatre. So that, i just wanted to come and see if there was any good movie that i can watch.

Event

I parked my car at the parking area and i walked slowly at the hall of theatre.

I took my ticket on my pocket and go to information section to ask about how to use that ticket.

Unfortunately, i missed it. That ticket was already expired 2 days before.

Reorientation

I wen home and i was very upset about that.

Terjemahan Bahasa Indonesia Recount Text Pendek Tiket Bioskop

Orientasi [Pembuka]

Minggu lalu aku pergi ke bioskop dan itu adalah satu satunya bioskop yang ada di kotaku.

Aku punya satu tiket gratis untuk menonton satu film.

Aku tidak mengerti film apa yang akan aku saksikan dan aku tidak mengetahui jadwal film yang akan tayang pada bioskop tersebut. Untuk itu, aku hanya akan datang serta melihat melihat jika memang ada film bagus yang bisa aku tonton.

Event [Isi]

Aku memarkir mobilku di area parkir kemudian berjalan dengan perlahan di hall bioskop.

Aku mengeluarkan tiketku dari kantong kemudian menuju ke bagian informasi untuk bertanya tentang cara menggunakan tiket tersebut.

Namun sayang, aku sudah melewatkan kesempatan tersebut sebab tiketku sudah hangus dari dua hari sebelumnya.

Reorientasi [Kesimpulan]

Aku pulang ke rumah dan sangat kesal dengan kejadian tersebut.

Contoh Recount Text Singkat Pencuri

Contoh Recount Text Singkat PencuriOrientation

Four days ago, i went to market to buy some vegetables.

In that market, i saw an accident, there was a thief beaten by a lot of people. It was so scary. I didn’t want to take closer and see.

A few minutes later, police came and took that thief.

Event

I asked to the vegetables seller what had happened actually and he said that the thief tried to steal someone’s wallet but he was unlucky.

Someone saw him and shouted loudly and suddenly many people roughed him up hardly.

Reorientation

It was a pity event and i hoped it would never happen again.

Terjemahan Bahasa Indonesia Recount Text Singkat Pencuri

Orientasi [Pembuka]

4 hari lalu aku pergi ke pasar untuk membeli sayuran.

Di pasar itu, aku melihat sebuah kejadian, seorang pencuri dipukuli oleh massa. Peristiwa tersebut sangat mengerikan. Aku tidak ingin mendekat untuk melihatnya.

Beberapa menit kemudian, polisi datang dan segera mengamankan pencuri tersebut.

Event [Isi]

Aku bertanya pada penjual sayur tentang peristiwa tersebut dan penjual sayur mengatakan jika ada pencuri yang mencoba untuk mencuri dompet seseorang namun sayang ia tidak beruntung.

Orang lain melihat aksinya kemudian berteriak sangat kencang dan secara tiba tiba banyak orang yang memukuli pencuri tersebut sampai babak belur.

Reorientasi [Kesimpulan]

Peristiwa tersebut sangat menyedihkan dan aku harap hal seperti itu tidak terulang kembali.

Contoh Recount Text Mendaki Gunung

Contoh Recount Text Mendaki GunungOrientation

Three days ago i went to the mountain. It was the first time i climbed the mountain. I did it with my friends.

We start climbing at 7 p.m. It was so dark and we only used flashlight to get the way.

I felt no worry because all of my friends were professional climber dan i just followed their instruction.

Event

We climbed so slowly and enjoy the night there.

After 6 hours walking in the dark, we coul reach the top of the mountain. It was at 2 a.m early in the morning.

We were not alone. There were a lot of people who reached that top before us.

We waited the sun rises by cooking some food and moking some hot chocolate to get back our energy. We sang some songs together, shared stories and got acquainted with people there.

After seeing the sun raised, we had to go back home. Getting down the mountain was not as hard as the climbing process because we only spent a few energy and time even we had to be more careful to do this.

However, it was a great experience i had ever done so far.

Reorientation

After all, that was my great experience i had ever have.

Terjemahan Bahasa Indonesia Teks Recount Mendaki Gunung

3 hari yang lalu, aku pergi ke gunung. Itu adalah pertama kalinya aku mendaki gunung. Aku melakukannya bersama beberapa temanku.

Kami mulai mendaki pada pukul 7 malam. Situasi sangat gelap dan kami hanya memakai senter untuk mencari jalur pendakian.

Aku tidak merasa takut sebab teman temanku adalah para pendaki profesional. Aku hanya mengikuti instruksi yang diberikan mereka saja.

Event [Isi]

Kami mendaki sangat pelan dan menikmati waktu kami.

Sesudah 6 jam perjalanan mendaki, akhirnya kami sampai di puncak gunung dan jam menunjukkan pukul 2 pagi.

Ternyata kami tidak sendiri. Banyak orang yang juga sudah sampai ke puncak gunung sebelum kedatangan kami.

Kami menunggu matahari terbit sambil memasak makanan dan membuat coklat panas untuk mengembalikan energi kami. Kami juga bernyanyi bersama sama, saling bertukar cerita dan juga berkenalan dengan banyak orang baru di sana.

Sesudah menikmati matahari terbit, kami harus segera pulang. Turun gunung tidak selelah ketika mendaki, kami hanya butuh sedikit tenaga serta waktu namun tetap harus dilakukan dengan hati hati.

Bagaimana pun juga, pengalaman itu adalah pengalaman yang mengesankan yang pernah aku alami sejauh ini.

Reorientasi [Kesimpulan]

Selebihnya, pengalaman ini adalah pengalaman terhebat yang pernah aku alami.