Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, daftar pustaka merupakan daftar yang isinya mencantumkan nama penulis, judul karya tulis, tahun terbit, informasi penerbit dan juga beberapa keterangan tambahan. Umumnya, daftar pustaka akan ditempatkan di akhir karya tulis sert disusun atas dasar urutan abjad.

Ada banyak manfaat dari penulisan daftar pustaka seperti salah satunya membantu penulis untuk mencari informasi akurat apabila harus melakukan revisi kembali. Tidak hanya itu, namun pembaca yang mau mencari informasi tulisan dengan lebih mendalam juga bisa menggunakan daftar pustaka tersebut supaya bisa ditelusuri.

Daftar pustakan juga wajib dicantumkan penulis pada saat mengutip sebuah karya tulis orang lain. Ini harus dilakukan supaya sebuah karya yang diterbitkan tidak dinilai sebagai plagiarisme. Agar lebih jelas, berikut kami akan berikan beberapa contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Jika sumber berasal dari buku, maka daftar pustaka harus sangat diperhatikan. Pastikan urutan dan juga tanda baca yang dipakai ketika menulis daftar pustaka benar benar diperhatikan. Format penulisan daftar pustaka yang bersumber dari buku adalah nama pengarang, tahun terbit, judul buku, tempat terbit serta nama penerbit.

Sumber Satu Orang Penulis

Apabila sumber buku tersebut hanya mempunyai satu orang nama penulis, maka nama penulis akan ditulis terbalik, sedangkan untuk format penulisannya sama. Berikut beberapa contoh daftar pustaka dari satu orang penulis:

  • Raditya, Rendi. 2020. Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Pustaka Media.
  • Suci, Maharani. 2019. Panduan Penulisan Puisi. Jakarta: Media Baca.
  • Susanto, Budi. 2008. Pengaruh Tekonologi Pada Bidang Ekonomi. Media Baru.

Sumber Dua atau Tiga Penulis

Umumnya, sumber buku juga mempunyai 2 atau lebih pengarang. Dalam membuat daftar pustaka, maka bisa mencantumkan seluruh pengarang atau tidak. Berikut beberapa contohnya:

  • Mika, Januardi, dan Agus. 2015. Metode Pembelajaran dan Trik Mengerjakan Soal Kimia Untuk Pemula. Bandung: Sumber Media.
  • Fitri, Reza, Jasmine dan Kiki. 2018. Dasar Dasar Mempelajari Tenses Untuk Pemula. Malang. Pustaka Media.
  • Riko, Abdul, dan Anwar. 2017. Panduan Percakapan Bahasa Inggris Lengkap. Surabaya: Anak Media.

Tanpa Sumber Penulis

Ada beberapa buku yang juga tidak disertakan dengan nama penulis. Jika memang tidak ada nama penulis yang dicantumkan dalam sumber, maka ditulis dengan nama lembaga penerbit atau juga bisa anonim. Berikut beberapa contohnya:

  • 2019. Panduan Untuk Pengajaran Pendidikan Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
  • 2020. Kumpulan Sajak dan Gurindam. Lampung: Balai Pustaka.

Contoh Daftar Pustaka Dari Buku Teks Terjemahan

Contoh Daftar Pustaka Dari Buku Teks TerjemahanSumber daftar pustaka seringkali juga tidak hanya dari buku lokal, namun beberapa buku juga diterbitkan di luar negeri. Sering juga ada buku luar negeri yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa dan berikut beberapa contoh dari daftar pustaka dengan buku terjemahan.

  • Asih, Ayu [Penterjemah]. 2019. Dasar Dasar Ekonomi Edisi Yogyakarta: Balai Pustaka.
  • Dian, Tiara [Penterjemah]. 2017. Analisis Manajemen Produksi Serta Manajemen Pemasaran. Bogor: Intermedia.

Nama Penulis yang Sama Namun Judul Buku Berbeda

Untuk beberapa buku yang berjenis sama juga mempunyai beberapa judl yang berbeda akan tetapi ditulis dari pengarang yang sama. Apabila memang penulisnya sama, maka cukup diberi garis bawah sebanyak 10 ketukan. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Rosalina, Rita. 2013. Dasar Dasar Akuntansi Menengah Edisi 2. Jakarta: Sumber Akuntansi.
  • __________ .2020. Dasar Dasar Keuangan Menengah Edisi 1. Bali: Media Akuntansi.

Contoh Daftar Pustaka Dari Jurnal

Contoh Daftar Pustaka Dari JurnalSelain buku, jurnal juga sering dipakai sebagai sumber karya tulis. Daftar pustaka yang bersumber dari jurnal sebenarnya memiliki daftar pustaka seperti biasanya. Namun, ada tambahan volume, nama jurnal serta halaman jurnal. Selain itu, daftar pustaka juga tidak memuat kota terbit dan juga nama penerbit. Akan tetapi untuk penulis jurnal juga tidak dibalik seperti dalam daftar pustaka biasanya.

Contoh Daftar Pustaka Dari Berita Acara

Contoh Daftar Pustaka Dari Berita AcaraUntuk bentuk daftar pustaka yang bersumber dari jurnal, berikut akan kami berikan beberapa contohnya:

  • Nagita Maria. 2014. Karakteristik Wanita Introvert. Jurnal Psikologi. 10[2]: 10-15.
  • Muhammad Arifin. 2016. Tata Cara Wudhu yang Paling Benar. Jurnal Pendidikan Islam. 9[3]: 10-11.
  • Maulida Lia. 2018. Syarat dan Cara Melakukan Zakat Fitrah. Jurnal Islam. 9[3]: 13-14.

Contoh Daftar Pustaka Dari Makalah

Contoh Daftar Pustaka Dari MakalahJudul makalah juga sering dijadikan sebagai sumber daftar pustaka dan penulisan daftar pustaka dari makalah umumnya mencantumkan seminar yang tercatat di dalam makalah. Seringkali, beberapa makalah juga tidak didasari dengan seminar.

Untuk tata cara penulisan daftar pustaka sebenarnya tidak jauh berbeda dengan daftar pustaka biasanya. Nama penulis tidak akan ditulis dengan cara terbalik, tidak ada nama penerbit serta kota terbit. Berikut adalah beberapa contoh daftar pustaka yang bersumber dari makalah:

  • Yudistira Marwan. 2012. Cara Manajemen Operasional yang Digunakan di Industri Besar. Makalah
  • Desi Afriani. 2013. Ulasan E-Commerce dan E-Business. Makalah
  • Januardi Budiman. 2017. Peran Perempuan Dalam Dunia Kerja. Makalah.
  • Sania Trinita. 2010. Perubahan Iklim di Dunia. Makalah
  • Angelica Monica. 2012. Penyebab Es Kutub Utara dan Selatan Mencair. Makalah.

Contoh Daftar Pustaka Dari Internet

Contoh Daftar Pustaka Dari InternetInternet menjadi sumber penulisan karya tulis lain yang bisa memperluas dan menunjang informasi yang didapat. Daftar pustaka bersumber dari internet butuh beberapa unsur yang harus dicantumkan. Namun tidak akan dicantumkan kota terbit serta nama penerbit seperti daftar pustaka biasanya. Berikut adalah beberapa contoh daftar pustaka yang bersumber dari internet:

  • Gusti Gumelar. 2018. Dampak Globalisasi di Dunia. https://introvertspring.com/7-reasons-infjs-cant-let-go-heartbreak/.
  • Yusuf Sukamto. 2019. Pendapatan Negara di Asia. http://ekonomiproject.blogspot.com/2018/02/02-negara-asia-tenggara.html. (2 Februari 2018).
  • Marcell, Bobby. 2016. Pakaian Serta Alat Musik Daerah di Indonesia. http://culture.blogspot.com/2017/04/04-kebudayaan-di-indonesia.html. (4 April 2017).

Contoh Daftar Pustaka Dari Tesis / Skripsi / Disertasi

Contoh Daftar Pustaka Dari TesisUntuk penulisan daftar pustaka dari skripsi sebenarnya juga tidak banyak berbeda dengan penulisan daftar pustaka biasanya. Perbedaannya hanya ada dalam nama universitas yang dijadikan pengganti nama penerbit. Sesudah penulisan judul, maka juga akan dicantumkan karya tulis apa yang dipakai dan jenis karya tulis akan dicetak miring.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti apabila karya tersebut tidak diterbitkan, maka juga dicantumkan kata “tidak diterbitkan” pada akhir kalimat daftar pustaka. Namun jika sudah terbit, maka tidak perlu dicantumkan lagi pernyataan jika karya tersebut sudah diterbitkan. Berikut adalah beberapa contoh dari penulisan daftar pustaka dari tesis, skripsi atau disertasi:

  • Maria, Eva. 2008. Pandangan Umum Tentang Politik di Indonesia. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.
  • Ananda, Putri. 2007. Analisis Kepuasan Masyarakat Untuk Pelayanan Puskesmas. Skripsi. Jakarta. Politeknik Kesehatan.
  • Sari, Kumalasari. 2013. Jurnalistik Perusahaan Telekomunikasi. Skripsi. Semarang. Universitas Terbuka.
  • Budiman, Edi. 2017. Pengaruh Makanan Cepat Saji Untuk Anak. Skripsi. Bandung.
  • Ardiana, Novianty. 2015. Pemakaian Detector Rumah. Skripsi. Bandung. Politeknik Negeri.

Contoh Daftar Pustaka Dari Koran

Contoh Daftar Pustaka Dari KoranUntuk daftar pustaka yang bersumber dari koran juga tidak jauh berbeda dengan daftar pustaka biasanya. Nama penulis, judul artikel, tahun terbit, kota terbit serta nama penerbit juga harus dicantumkan. Sedangkan untuk judul tidak ditulis miring atau italic namun tetap ditulis tegak lurus dan ditambah tanda kutip pembuka serta penutup. Berikut adalah contoh daftar pustaka dari koran:

  • Kartika, Tika. 2012. Model Busana Muslim 2020. Pekanbaru: Tribun [10 April 2020].
  • 2019. Kenaikan Impor Beras Dibandingkan Ekspor. Tribun. [14 Februari 2020].

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma