Contoh Makalah

contoh makalah

Menurut W.J.S Poerwadarminta, makalah merupakan uraian yang tertulis dan dikemukakan supaya bisa memperoleh pembahasan lebih lanjut. Selain itu, makalah juga disebut dengan karya tulis yang berisi tentang buah pemikiran dari penulis yang belum dipublikasikan serta memiliki sifat ilmiah.

Tidak hanya dipakai ketika sekolah dan kuliah, namun makalah juga digunakan dalam dunia pekerjaan. Untuk anda yang sedang ingin membuat makalah, berikut kami berikan contoh makalah yang baik dan benar sebagai tambahan referensi.

Pengertian Makalah

pengertian makalah

Jika dilihat secara umum, makalah merupakan jenis karya tulis bersifat ilmiah yang membahas masalah tertentu berdasarkan dari hasil kajian teori atau kajian lapangan. Biasanya, pembuatan makalah memiliki tujuan untuk memenuhi tugas tertentu seperti tugas akademik atau tugas non akademik.

Makalah bisa dijadikan sebagai sarana informasi,demontrasi dan juga pemahaman penulis mengenai pokok permasalah yang dikaju penulis ketika menerapkan sebuah prinsip, prosedur atau teori yang berkaitan dengan masalah tertentu. Selain itu, makalah juga bukan rangkuman akan tetapi sarana untuk menunjukkan kemampuan pemahaman pada isi dari banyak sumber yang dipakai untuk memecahkan sebuah masalah.

Beberapa fungsi dari makalah diantaranya adalah:

  • Melatih penulis supaya bisa menyusun karya ilmiah yang benar serta tepat.
  • Memperluas wawasan keilmuan untuk penulisnya.
  • Memberikan sumbangan pemikiran baik itu konsep teoritis atau konsep praktis.
  • Memberi manfaat untuk perkembangan konsep keilmuan atau pemecahan masalah.

Contoh Makalah yang Baik dan Benar

Cover Makalah

Budidaya Ikan Nila Termudah Dengan Biaya Rendah

Logo Institusi

Disusun oleh:

Nama Mahasiswa atau Pelajar

NIM

Nama Sekola atau Universitas

Lokasi Sekolah atau Universitas

Tahun Pembuatan Makalah

Kata Pengantar

Pertama tama, kita panjatkan syukur pada Allah SWT atas rahmat dan hidayah sehingga makalah berjudul Budidaya Ikan Nila kali ini bisa diselesaikan. Kami berharap jika makalah ini bisa berguna untuk pembaca serta masyarakat luas.

Makalah ini disusun dengan detail dan lengkap sehingga masih bisa dipahami oleh orang awam tentang informasi yang berhubungan dengan budidaya ikan nila. Selain itu, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih untuk semua pihak yang telah berkontribusi untuk penyelesaian makalah ini.

Kami juga sadar, jika masih ada banyak kekurangan ketika menyusun makalah ini dan kami mohon maaf jika ada kesalahan yang terjadi ketika menyusun kata sehingga dengan ini kami juga akan menerima segala kritik serta saran dari para pembaca.

Akhir kata, kami berharap semoga makalah ini bisa memberikan manfaat serta inspirasi untuk semua orang.

Lokasi Pembuatan Makalah, Tanggal Pembuatan Makalah

Penyusun

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

  • 1.1 Latar Belakang
  • 1.2 Rumusan Masalah
  • 1.3 Tujuan Penulisan
  • 1.4 Manfaat Penulisan

BAB II PEMBAHASAN

  • 2.1 Pengertian Ikan Nila dan Jenis
  • 2.2 Kandungan Gizi Ikan Nila
  • 2.3 Kondisi Kolam Ikan Nila
  • 2.4 Pakan Ikan Nila Terbaik

BAB III PENUTUP

  • A. Kesimpulan
  • B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Isi

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Ikan nilai adalah salah satu ikan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia sehingga permintaan juga semakin meningkat seiring dengan meningkatnya populasi penduduk. Sedangkan untuk jenis ikan nila yang dibudidayakan juga sangat beragam seperti ikan nila biasa, nila hitam dan juga nila merah.

Pembudidayaan ikan nila ini sangat penting sebab permintaan pasar yang bertambah banyak. Selain itu, jika budidaya tidak dilakukan maka spesies ikan nila mungkin saja bisa pundah dan akhirnya berdampak buruk untuk keseimbangan ekosistem. Selain itu, budidaya ikan nila juga ikut membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan di dalam negeri.

1.2 Rumusan Masalah

Di Indonesia, ada banyak jenis ikan nila yang dibudidayakan, akan tetapi tidak seluruh ikan nila juga memiliki nilai nutrisi yang tinggi. Untuk itulah, pembenihan harus dilakukan dengan spesies yang tepat seperti salah satunya strain nila dengan kualitas unggul yang dapat diekspor.

1.3 Tujuan Penulisan

Pembuatan makalah ini memiliki beberapa tujuan, seperti:

  • Menyelesaikan tugas mata kuliah budidaya ikan nila.
  • Berbagi wawasan dengan orang lain.
  • Berbagi informasi tentang budidaya ikan nilai yang tepat.
  • Meningkatkan jumlah dari pengusaha ikan nila supaya bisa memenuhi permintaan dalam negeri.

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Ikan Nila dan Jenisnya

Benih ikan nilai unggulan harus dipilih supaya bisa berkembang biak serta tumbuh secara pesat. Benih unggul membuat pengeluaran tidak terlalu tinggi dalam urusan penanganan. Beberapa jenis strain nilai unggulan yang ada di Indonesia diantaranya adalah Gesit, Best, JICA, Larasati, Nirwana, Srikandi Nirwana II dan masih banyak lagi dimana setiap jenis punya kelebihan yang berbeda.

2.2 Kandungan Gizi Ikan Nila

Semua jenis ikan nila memiliki kandungan nutrisi berbeda, akan tetap kisarannya adalah protein antara 16.00 hingga 18.80%, lemak 0.60 hingga 2.80% dan juga kadar air 64.80 hingga 81.00%.

2.3 Kondisi Kolam Ikan Nila

Ikan nila bisa dikembangkan dalam beberapa jenis kolam seperti kolam semen, tanah, jaring terapung air payau dan juga terpal. Namun untuk yang paling sering digunakan adalah kolam tanah.

Kolam ikan harus memiliki ukuran luas serta disesuaikan dengan jumlah benih yang ingin dibudidayakan. Kolam juga harus bersih dari kotoran, kerikil serta sampah dan lumpur hitam.

Selain itu, jaga juga pH kolam senetral mungkin yakni dengan pH antara 7 hingga 8. Penetralan bisa dilakukan dengan cara pengapuran memakai dolomit atau kapur pertanian. Berikn juga pupuk organik di kolam tanah sebanyak 1 hingga 2 ton per hektar dan tebar pupuk secara merata di dasar kolam.

Sesudah itu, air akan diisi dengan bertahap dimana pada tahan pertama dengan kedalaman 10 cm kemudian dibiarkan hingga ganggang tumbuh. Sesudah itu bisa dilanjutkan dengan mengisi penuh kolam tanah memakai air sebanyak 60 hingga 75 cm.

2.4 Pakan Ikan Nila

Salah satu dari pakan organik untuk ikan nila adalah Azolla Pinnata yakni tumbuhan paku air. Tumbuhan akan terapung pada permukaan air dengan ukuran 1 sampai 4 cm. Bentuk daun tanaman ini segitiga yang bisa anda peroleh dari petani karena umumnya banyak ditemukan di persawahan.

Sedangkan untuk pakan organik selanjutnya adalah Lemma Sp. Ini merupakan tumbuhan yang ukurannya lebih kecil dibandingkan paku air. Sedangkan kandungan protein tanaman ini adalah antara 10 hingga 45% sehingga tumbuhan bisa berkembang dengan cepat yang membuat pakan ini sangat disukai peternak ikan air tawar.

BAB III Penutup

3.1 Kesimpulan

Budidaya ikan nila sebetulnya tidak butuh biaya yang terlalu banyak sebab bibit yang dipakai adalah bibit unggul. Selain itu, anda juga bisa membuat pakan organik sendiri yang sangat murah.

3.2 Saran

Pembuatan isi dari makalah budidaya ikan nila ini memang masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu kami harapkan ada kritik serta saran dari para pembaca.

DAFTAR PUSAKA

DAFTAR PUSAKA

Berisi tentang segala sumber buku, internet atau journal yang dipakai ketika membuat makalah budidaya ikan nila.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma