Contoh Karya Tulis Ilmiah

Contoh Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu karya yang dihasilkan dari beberapa buah penelitian yang nantinya akan dilakukan sehingga bisa menghasilkan hasil dari penelitian sampai ulasan dengan ide berbentuk karya ilmiah.

Karya tulis ilmiah ini nantinya bisa menjadi pemecah masalah atas dasar landasan teori memakai metode bersifat ilmiah sehingga bisa memberikan fakta solusi tentang masalah yang akan diangkat dari penulisan yang akan dilakukan berurutan.

Karya tulis ilmiah ini adalah tulisan yang bisa dijadikan tulisan ilmiah atau non ilmiah sebab akan dibahas hasil penelitian yang sudah dilakukan berbentuk hasil dari penelitian dengan ide yang akan dijadikan karangan ilmiah. Berikut akan kami berikan beberapa contoh karya tulis ilmiah yang bisa anda jadikan referensi.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Mengenai Sampah

Pemanfaatan Kembali Sampah

Bab I

Pendahuluan

  1. Latar Belakang

Beberapa tahun belakangan ini, sampah sudah menjadi perhatian besar dunia sebab ada begitu banyak masalah yang bisa dihasilkan. Ada begitu banyak kerugian yang bisa terjadi karena sampah yakni berdampak langsung untuk kesehatan manusia.

Akan tetapi sepertinya, masih cukup banyak orang yang tidak mau untuk mendaur ulang sampah supaya sampah tidak menumpuk. Untuk itulah, penelitian tentang pemanfaatan sampah kembali sangatlah penting dilakukan.

  1. Rumusan Masalah

Bagaimana cara untuk memanfaatkan sampah kembali?

Tujuan dari penelitian

Untuk mengetahui cara pemanfaatan sampah kembali.

BAB II

Pembahasan

Sampah yang terlalu banyak dihasilkan dari masyarakat sebetulnya masih dapat dipakai kembali supaya tidak semakin menumpuk. Pemanfaatan sampah kembali intinya tidak butuh waktu yang terlalu lama sebab yang paling penting adalah kreativitas serta ketekunan seperti sampah organik yang bisa diolah kembali menjadi pupuk tanaman.

Sementara untuk sampah kertas dapat didaur ulang serta dijadikan kertas kembali. Sedangkan untuk sampah kaleng dan juga sampah plastik bisa dimanfaatkan kembali untuk dijadikan banyak jenis wadah berbagai ukuran. Semua pemanfaatan sampah ini tergolong ke dalam reuse pemanfaatan kembali.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Sampah memang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat dan memang sering menimbulkan masalah. Namun bukan berarti tidak ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Masih ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan sampah dan bahkan sampai mengubahnya kembali menjadi barang sumber penghasilan.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

BAB I

Pendahuluan

  1. Latar Belakang Masalah

Jantung adalah organ yang vital untuk manusia. Untuk itu, semua orang berusahan untuk menjaga kesehatan jantung, meski ada sebagian orang yang masih tidak peduli dengan kesehatan jantung. Ini terbukti dari sudah cukup banyak korban jiwa karena penyakit yang menyerang organ jantung tersebut. Untuk itulah, penelitian tentang cara menjaga kesehatan jantung memang harus dilakukan.

  1. Rumusan Masalah

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung?.

  1. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui cara menjaga kesehatan jantung.

BAB II

Pembahasan

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak penyakit yang bisa menyerang jantung dan hingga saat ini masih menjadi masalah besar untuk sebagian orang meski sebetulnya ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Sesudah melewati riset yang dilakukan secara mendalam, maka para peneliti berhasil menemukan beberapa cara, seperti:

Menghindari stres sebab bisa memicu hormon adrenalin.

Abnormal serta mengakibatkan darah tinggi.

Menjaga kebersihan baik itu kebersihan diri atau lingkungan.

Mengatur pola makan dengan cara mengurangi lemak, junkfood serta memperbanyak konsumsi budah dan sayuran.

Olahraga dengan teratur.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Menjaga kesehatan jantung memang menjadi hal penting untuk dilakukan supaya bisa memiliki umur yang panjang. Sedangkan untuk mendapatkan kondisi jantung yang sehat tidak butuh usaha terlalu sulit serta bisa dilakukan dalam kehidupan sehari hari. Dengan teliti menjaga kesehatan jantung, maka sangat diharapkan korban yang jatuh karena penyakit jantung bisa dikurangi.

Bahaya Internet Untuk Remaja

Bahaya Internet Untuk Remaja

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Internet untuk sekarang ini sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari hari khususnya untuk kalangan muda. Internet bisa banyak membantu menyelesaikan pekerjaan termasuk juga hiburan. Namun, internet juga sarat akan berbagai hal negatif yang bisa berdampak buruk khususnya di usia remaja yang masih sering ikut arus akan segala sesuatu. Untuk itulah, penelitian tentang bahaya internet untuk remaja memang penting dilakukan.

Rumusan Masalah

Apa bahaya internet untuk remaja?

Tujuan Penelitian

Bisa memberi penjelasan mengenai bahaya internet untuk remaja.

BAB II

Pembahasan

Bahaya Internet Untuk Remaja

Internet di kalangan muda sekarang ini sudah berubah fungsi menjadi kebutuhan pokok. Namun, tidak semua remaja bisa memanfaatkan internet secara baik karena mereka sering menyalahgunakan internet yang kemudian berdampak buruk tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk lingkungan.

Dari riset yang dilakukan secara mendalam, terbukti ada beberapa bahaya dari penyalahgunaan internet untuk kalangan remaja, seperti:

Perilaku bullying dari sosial media.

Semakin mudah mengakses konten pornogtafi yang kemudian berdampak pada kejahatan seksual.

Semakin banyaknya kasus penculikan di kalangan remaja sesudah akrab dengan media sosial.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Internet memang bisa sangat membantu dalam kehidupan, namun internet juga mempunyai kekurangan. Untuk itu sebagai orang tua, ada peran yang sangat penting untuk dilakukan yakni mengawasi anak anak. Dengan begitu, remaja bisa membentengi diri mereka dari berbagai hal negatif terhadap pemakaian internet.

Contoh Karya Ilmiah Populer

Globalisasi Serta Kebudayaan

Globalisasi sudah mulai bisa dirasakan semenjak awal abad-20 yang memang terbukti sedikit banyak berpengaruh pada kebudayaan. Kebudayaan seperti contohnya perilaku seseorang sangat mudah untuk berubah ketika terkena arus globalisasi tersebut.

Ini bisa terjadi karena akses untuk memperoleh informasi dari seluruh dunia semakin mudah ditemukan. Akan tetapi bagi negara berkembang seperti contohnya Indonesia, masih selalu merasa khawatir akan tertinggal dengan arus globalisasi di semua bidang.

Ditambah lagi dengan kebudayaan asli sendiri yang semakin terkikis sehingga Indonesia semakin mengalami krisis budaya. Dengan begitu, Indonesia harus berjuang untuk terus memperkokoh struktur nilainya supaya tidak habis tersisij dari budaya asing.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Mengenai Lingkungan Hidup

Pencemaran di Lingkungan Hidup

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang

Lingkunan merupakan kesatuan dari abiotik dan juga biotik. Abiotik adalah kumpulan dari benda mati, sementara biotik merupakan kumpulan dari benda hidup. Pada komponen abiotik terdapat air, udara, cahaya matahari, suhu, tanah dan lain sebagainya. Sedangkan untuk komponen biotik mencakup dekomposer atau dinamakan pengurai, produsen serta konsumen. Kedua komponen ini sangat berhubungan erat atau dengan kata lain tidak bisa terpisahkan.

Lingkungan hidup memiliki arti yang beragam seperti dari Kamus Ekologi disebut juga dengan environment. Environment merupakan kesatuan makhluk hidup atau biotik dengan yang non hidup atau abiotik di bumi.

Sementrara dari undang Undang No. 32 Tahun 2009, lingkungan hidup diartikan sebagai kesatuan ruang di semua benda baik itu makhluk hidup termasuk manusia dan juga kondisi hingga perilaku manusia.

Secara menyeluruh bisa disimpulkan jika lingkungan hidup adalah gabungan semua makhluk hidup, faktor serta komponen yang ada di sekelilingnya. Makhluk hidup di bumi merupakan salah satu faktor keberhasilan lingkungan hidup.

Makhluk hidup khususnya manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan sudah diciptakan Tuhan dengan sangat sempurna dan dalam kondisi yang utuh.

Rumusan Masalah

Apa saja jenis pencemaran serta cara menjelaskannya.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui jenis pencermaran pada lingkungan.

BAB II

PEMBAHASAN

Jenis Pencemaran

Pencemaran Udara

Ini tidak selalu disebabkan karena manusia namun juga bisa disebabkan karena kejadian alam seperti gunung meletus sebab partikel logam berbahaya yang dihasilkan dari letusan tersebut. Namun untuk di Indonesia sendiri, penyebab utama dari pencemaran udara adalah polusi kendaraan.

Selain karena polusi udara, pencemaran udara juga disebabkan karena beberapa hal lain seperti asap rokok, ozon, karbonmonoksida dan beberapa zat lainnya.

Pencemaran Air

Air yang bersih merupakan air yang tidak berbau dan tidak berwarna. Ketika air menimbulkan bau, berwarna dan ada biota mati didalamnya maka menandakan air tersebut sudah tercemar.

Pencemaran air bisa terjadi karena beberapa hal seperti limbah pabrik, industri serta nuklir, bahan peledak untuk menangkap ikan, pestisida dan juga sampah.

Pencemaran Tanah

Tanah dikatakan sudah tercemar jika tanah tersebut tidak bisa lagi dipakai oleh manusia seperti bercocok tanam. Selain itu, tanah yang gersang juga menjadi ciri dari tanah yang sudah tercemar.

Ada beberapa penyebab dari tanah yang tercemar seperti pupuk kimia, senyawa asam, limbah rumah tangga seperti deterjen, pestisida terlalu berlebihan, limbah industri, pabrik serta nuklir.

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Pencemaran bisa dibagi menjadi 3 jenis yakni pencemaran air, tanah serta udara. Masing masing pencemaran ini memiliki ciri yang khas dan penyebab yang berbeda beda meski pencemaran antara yang satu dengan yang lain tidak berbanding jauh.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *