Bagian Bagian Bunga

Di dunia ini, ada begitu banyak jenis bunga yang memiliki warna, bentuk, ukuran, keharuman dan juga perbedaan dari segi yang lainnya. Bunga merupakan alat reproduksi pada tanaman berbunga yang biasanya mempunyai dua alat kelamin yakni jantan bernama benang sari dan betina disebut dengan putik.

Selain itu, bunga juga akan mengalami proses penyerbukan yang dibantu dengan serangga seperti lebah, kupu kupu dan juga kumbang. Bunga sendiri memiliki beberapa bagian yang masing masing memiliki fungsi berbeda. Agar bisa lebih jelas, silahkan anda simak ulasan berikut tentang bagian bagian bunga secara lengkap.

 

Jenis Bunga Berdasarkan Kelengkapannya

Bunga sendiri terbagi menjadi dua jenis berdasarkan kelengkapannya, yakni bunga lengkap dan tidak lengkap.

  • Bunga lengkap: Bunga yang mempunyai 4 bagian utama yakni mahkota bunga, kelopak, benang sari dan juga putih seperti contohnya bunga mawar dan bunga sepatu.
  • Bunga tidak lengkap: Bunga yang tidak mempunyai salah satu atau bahkan beberapa bagian utama. Bunga tidak lengkap bisa hanya mempunyai salah satu perhiasan bunga seperti mahkota atau kelopak dan juga bisa hanya mempunyai salah satu organ reproduksi bunga yakni benang sari atau putik.

 

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

Jika dilihat secara umum, bagian bagian bunga terdiri dari 4 bagian utama dalam struktur bunga yakni mahkota bunga, kelopak bunga, benang sari dan juga putik. Sementara pada beberapa jenis bunga, terdapat juga beberapa bagian penting lainnya seperti tangkai bunga, bakal biji, dasar bunga serta daun pelindung.

 

  • Kelopak Bunga

Bagian bagian bunga yang pertama adalah kelopak bunga atau juga disebut dengan calyx. Kelopak bunga ini berada dilingkara  terluar yang berguna untuk melindungi mahkota bunga saat masih dalam kondisi kuncup yang kemudian akan terbuka ketika mahkota sudah mekar.

Umumnya, warna dari kelopak bunga ini adalah hijau seperti daun dan bentuknya tidak secantik mahkota bunga. Kelopak bunga ini memiliki fungsi untuk menutup bagian bunga lain saat masih kuncup atau belum mekar.

Sedangkan secara morfologi, kelopak bunga sendiri merupakan hasil dari modifikasi daun.

 

  • Benang Sari

Benang sari juga menjadi bagian bagian bunga yang sangat umum dengan fungsi sebagai alat kelamin jantan atau dikenal dengan androecium. Bunga umumnya terdiri dari empat kotak sari yang disebut dengan mikrosporangia sebagai organ reproduksi jantan untuk bunga.

Benang sari biasanya terdiri dari tiga bagian yakni:

  • Tangkai sari atau filament: Bagian benang sari yang membuat posisi kepala sari berada di posisi cukup tinggi dari bunga yang berfungsi untuk membantu proses penyerbukan bunga.
  • Kepala sari atau anter: Bagian paling ujung dari tangkai bunga yang memiliki beberapa ruang sebagai tempat menampung serbuk sari.
  • Serbuk sari atau polen: Bagian benang sari yang terdiri dari sel kelamin jantan yang dipakai untuk proses penyerbukan.

 

  • Putik

Putik adalah bagian bagian dari bunga yang sangat umum. Putik ini berfungsi sebagai alat kelamin betina atau disebut dengan gynoecium. Umumnya, putik berada di bagian tengah bunga yang mengandung sel telur penting dalam proses pertumbuhan.

Umumnya, putik yang merupakan bagian dari bunga ini terdiri dari 3 bagian, yakni:

  • Tangkai putik atau stilus: Bagian putik yang menyebabkan posisi kepala putik cukup tinggi dari bunga yang penting dalam proses penyerbukan.
  • Kepala putik atau stigma: Bagian putik paling ujung atau pucuk dari putik.
  • Bakal buah atau ovarium: Bagian putik yang mengandung sel telur dan ada di bagian dasar bunga.

 

  • Bakal Buah

Bakal buah atau juga disebut dengan ovarium juga termasuk salah satu dari bagian bagian bunga. Sebetulnya, bakal buah ini juga masih termasuk dari bagian putik, akan tetapi karena berperan penting maka diklasifikasikan sebagai bagian dari bunga yang bisa berdiri sendiri.

Dalam bakal buah ini mengandung sel telur yang ada di bagian dasar bunga. Fungsi utama dari bakal buah ini adalah untuk tempat pembuahan yakni peleburan gamet jantan dengan gamet betina sehingga bakal buah terbentuk.

 

  • Bakal Biji

Bakal biji merupakan bagian dari bunga yang umumnya terdapat pada tumbuhan berbiji. Fungsi dari bakal biji ini adalah untuk melindungi serta sebagai tempat pertemuan sel telur yang sudah dibuahi serbuk sari lewat proses penyerbukan. Bakal biji ini nantinya akan dibuahi dan terus berkembang menjadi biji.

Dalam kelompok tanaman berbunga, umumnya bakal biji terbungkus bakal buah atau ovarium, sedangkan untuk kelompok tumbuhan berbiji, maka bakal buah akan terbuka dan bisa dilihat secara langsung.

 

  • Tangkai Bunga

Bagian bagian bunga selanjutnya yang paling umum adalah tangkai bunga dengan nama Latin pedicellus. Bagian tangkai bunga ini ada di bagian bawah bunga yang berfungsi sebagai pendukung terakhir dari cabang bunga.

Fungsi lain dari tangkai bunga adalah untuk menghubungkan bunga dengan ranting atau dengan kata lain berfungsi untuk penopang bunga.

 

  • Dasar Bunga

Dasar bunga juga menjadi bagian dari bunga yang terletak di ujung bawah dengan nama Latin receptacle. Dasar bunga ini adalah bagian ujung dari bunga setelah bagian tangkai bunga.

Fungsi utama dari dasar bunga ini adalah untuk tempat makhkota bunga melekat serta bagian bagian bunga yang lain yang juga bertumpu di dasar bunga tersebut.

 

  • Daun Pelindung

Bagian dari bunga selanjutnya adalah daun pelindung yang memang tidak selalu ada dalam setiap jenis bunga dengan nama Latin brachtea. Daun pelindung ini merupakan daun yang pada bagian sisinya ditumbuhi dengan bunga yang terus tumbuh dan berkembang.

Bagian daun pelindung ini bentuknya agak berbeda dengan bagian kelopak bunga sebab menjadi daun terakhir untuk tempat bunga tumbuh. Fungsi utama dari daun pelindung ini memang sebagai tempat tumbuhnya bunga sehingga keberadaannya sangat penting untuk sebagian jenis bunga.

 

  • Daun Tangkai

Daun tangkai juga menjadi bagian bunga selanjutnya yang memiliki fungsi utama untuk pelindung dari beberapa bagian bunga lain.

 

Itulah tadi ulasan dari kami tentang beberapa bagian bagian bunga yang biasa ada dalam beberapa jenis bunga lengkap dengan fungsinya untuk tumbuhan berbunga lengkap. Semoga penjelasan yang sudah kami berikan bisa menambah informasi anda.

You May Also Like

About the Author: Nella Kharisma